Training HACCP

FOKUS DAYA INSANI

Presents:

A-Two day Practical Training

TRAINING HACCP

(Hazard Analysis Critical Control Point)

 

Pusdiklat BULOG Lt 4

27-28 September 2011

Fee: Rp. 2.750.000,-

Trainer: Deky Djukanda

 

Pendahuluan :

HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) adalah suatu sistem yang mengidentifikasi bahaya spesifik bahan, produk atau pun proses pangan, serta upaya pencegahan dan pengendaliannya, guna meminimalkan resiko bahaya bagi konsumen.

Sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen industri pangan wajib menghasilkan produk yang aman dikonsumsi oleh masyarakat pengguna. Dengan menerapkan HACCP, manfaat besar juga diperoleh perusahaan yang menerapkan sistem keamanan pangan diantaranya adalah piranti manajemen resiko proteksi merek dan menjaga pasar, serta menghindari tuntutan hukum apabila perkaranya sampai ke pengadilan, yang dapat membuat pabrik ditutup.

HACCP ini dapat diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sehingga perusahaan mendapatkan manfaat ganda, serta merupakan suatu tahap lanjut untuk mendapatkan Sistem Jaminan Halal, karena sistem HACCP memiliki kerangka berfikir dan kerangka kerja yang identik.

Tujuan :

Setelah mengikuti training peserta diharapkan :

1. Mampu mengidentifikasi bahaya yang terkait dengan keamanan pangan dalam organisasinya.

2. Mampu mengelola proses pengolahan pangan yang aman, dengan cara mengantispasi potensi bahaya yang ada.

3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa yang sama dan bekerjasama mendukung pencapaian sasaran perusahaan dalam hal pemastian keamanan pangan.

4. Mampu memberi saran/solusi guna peningkatan berkesinambungan dalam menerapkan HACCP di organisasi.

Garis Besar Program :

1. Prinsip-prinsip HACCP.

2. Pemahaman persyaratan Sistem Keamanan Pangan.

3. Penyusunan dokumen sistem keamanan pangan.

4. Perencanaan penerapan Sistem Keamanan Pangan.

5. Perencanaan upaya pengendalian bahaya.

6. Organisasi/komite Penerapan sistem keamanan pangan.

7.  Kiat-kiat dalam menerapkan Sistem Keamanan Pangan.

8. Lembaga Sertifikasi Sistem Keamanan pangan.

 

Siapa Yang Perlu Menghadiri?

Kandidat Wakil Manajemen, Tim Implementasi HACCP, Manager, Kepala Departemen, Kepala Seksi, Supervisor, praktisi di bidang peningkatan berkesinambungan: produksi, operasional dan semua pihak yang terkait dengan proses peningkatan.

Instruktur :

Deki Djukanda

Salah seorang pendiri Perhimpunan Manajemen Mutu Indonesia pada tahun 1985, setelah aktif mengembangkan TQC di Indomie sejak 1982. Berpengalaman 26 tahun dalam bidang training di Indofood Group, menjadi Master Trainer TQM Philip Crosby di Indofood Group selama lebih dari 20 tahun sejak 1986, mengembangkan HACCP Divisi Bogasari serta merintis Dokumentasi Sistem Jaminan Halal Divisi Bogasari dan juga berpengalaman sebagai Corporate MR Divisi Bogasari lebih dari 8 tahun sejak 1996, setelah mengikuti training Lead Auditor ISO 9001:1994 dan training Auditor HACCP.

Jabatan terakhir  Milling Training Center Manager Divisi Bogasari selama 4 tahun. Sejak 2004 sampai 2008 menjadi Governing Board Member SGS, sebagai penghargaan posisinya sebagai Senior Manager yang berpengalaman dibidang Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2000.

Training yang dilakukan baik internal Indofood serta eksternal di Salim Group Divisi Multi Industri antara lain: SDP (Supervisory Development Program), Performance Management (Managing for Results), Sistem Insentif, 5 S-House Keeping Management.  Ruang lingkup pengalamannya selain di bidang pelatihan juga sebagai Konsultan Pendamping dalam penerapan SNI ISO 9001:2008 di industri plastik kemasan

 

My Fieldset
  1. (required)
  2. (valid email required)
 

cforms contact form by delicious:days