Strategic Competency Profiling

Menara KADIN Learning Center

Menyelenggarakan :

Program Lokakarya 2 Hari

Strategic Competency Profiling

18-19 Oktober 2011

Gd. Menara Kadin Lt. 24, Kuningan, Jakarta

 

Latar Belakang :

Competency Profiling atau Competency Analysis selama ini dikenal sebagai suatu metode untuk merumuskan berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh suatu pekerjaan untuk memastikan keberhasilan tugas-tugas pekerjaan tersebut. Namun hal tersebut ternyata tidak cukup. Mengapa ? Oleh karena penetapan kompetensi yang semata-mata berdasarkan tugas jabatan tidak dapat menjawab apakah keberhasilan tugas jabatan tersebut menunjukkan kontribusi yang nyata terhadap pencapaian sasaran organisasi.

Terjadi demikian oleh karena proses perumusan kompetensi seringkali tidak terkait atau tidak “aligned” dengan proses perumusan strategi dan dan sasaran, baik di tingkat unit kerja, di unit kerja yang lebih tinggi, sampai pada level manajemen strategik, meskipun dalam konsep awalnya “alignment” ini harus ada.

Akibatnya jelas, banyak organisasi yang kecewa dengan proses competency profiling oleh karena kompetensi yang dirumuskan tidak sesuai dengan kebutuhan organisasi – atau lebih spesifik lagi, tidak memenuhi kebutuhan pencapaian sasaran strategik organisasi.

Oleh karena itu pelatihan ini menawarkan suatu peremajaan konsep dari Competency Profiling yang disebut Strategic Competency Profiling dimana perumusan kompetensi tidak dimulai dari level “operative” namun dari level strategik atau top management. Perumusan dari level strategik ini mengharuskan kompetensi terhubung dengan sasaran strategik organisasi, untu kemudian diturunkan secara paralel dan simultan secara berjenjang sampai ke level yang paling rendah (cascading down).

 

Sasaran Program :

– Memahami konsep dasar Strategic Competency-based Human Resource Management.

– Memahami konsep “strategic alignment” untuk perumusan sasaran dan kompetensi mulai level strategik, taktikal dan sampai dengan level operasional.

– Memahami dan mampu merumuskan kompetensi strategik/organisasi.

– Memahami dan mampu menjabarkan kompetensi strategik kepada kompetensi unit dan kompetensi jabatan/individual.

– Memahami proses penyusunan Kamus Kompetensi di organisasi.

– Mampu memahami proses competency profiling untuk menetapkan standar kompetensi jabatan.

 

Topik Program :

– Strategic Competency-based Human Resource Management.

– Pengertian mengenai Kompetensi dan Competency Profiling.

– Strategic Competency Profiling.

– Penyusunan Kamus Kompetensi.

– Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan.

 

Invesment Fee : Rp 2.750.000/peserta

 

Fasilitator :

R. Chandra

R. Chandra telah berkarir di bidang HR sejak tahun 1985 baik sebagai praktisi maupun sebagai konsultan. R. Chandra mengawali karirnya sebagai Junior Consultant di sebuah perusahaan konsultan manajemen yang berada dibawah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sampai terakhir menjadi Senior Consultant di sebuah konsultan manajemen multinasional.

Selama kurun waktu tersebut, R. Chandra telah mengantungi beberapa sertifikat/brevet yang terkait dengan pekerjaannya sebagai konsultan, antara lain Facilitating Skill Workshop, Targeted Selection, Assessment Centre, Strategic Planning, HR Strategic Management, Competency Profiling, dan sebagainya. Disamping itu ybs telah mengembangkan berbagai pendekatan dan metode yang aplikatif dalam lingkup Manajemen SDM dan Manajemen pada umumnya.

 

My Fieldset
  1. (required)
  2. (valid email required)
 

cforms contact form by delicious:days