Seminar Pertama di Indonesia: Social Media and HR

logo portalhr summit_posting

MENGHADAPI perubahan cepat akibat makin mudahnya orang mengakses informasi, sempat dalam suatu era, bisa dibendung oleh kekuatan yang mengatasnamakan kekuasan. Dalam case di organisasi, kita sempat mendengar, bahkan sangat mungkin saat ini masih terjadi, perusahaan-perusahaan memblokir karyawannya untuk berhubungan dengan dunia luar karena khawatir internet melalui facebook, twitter serta situs-situs jejaring sosial lainnya mengganggu ritme dan produktivitas kerja.

Namun, arus perubahan itu ternyata terlalu besar sehingga rasa-rasanya tidak bisa untuk dibendung lagi. Kini kita saksikan jaman sekarang telah diwarnai banyak perubahan radikal. Mulai dari krisis ekonomi, perkembangan teknologi, masuknya generasi X dan Y ke dunia kerja hingga aktifitas di dunia digital seperti social media, dan tentu saja perubahan akan paradigma menyikapi perubahan. Semua faktor ini merupakan tantangan baru yang belum pernah dihadapi oleh praktisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Kini para praktisi SDM/HR (human resources) dihadapkan pada kenyataan bahwa hampir semua metode yang biasa dilakukan menjadi tidak seefektif dahulu. Perubahan ini merubah total, mulai dari mindset, nilai-nilai, emosi, motivasi, tingkah laku hingga tuntutan karyawan.

Tentu hal ini tidak bisa didiamkan. Saatnya SDM harus berani mencoba banyak hal secara kreatif dan dengan cara yang baru. Untuk itu pendekatan SDM kini banyak menggabungkan dengan ilmu lain, mulai dari teknologi, marketing, komunikasi, legal dan lainnya.

Kabar gembiranya, di bulan April ini akan ada event yang pertama kali digelar di tanah air. Seminar ini mengangkat tema besar, Social Media and HR, yakni:

PORTALHR SUMMIT 2012: THE NEW-AGED HR SOLUTION
DRIVING CHANGE INNOVATION AND STRATEGY IN MANAGING PEOPLE
RITZ CARLTON PACIFIC PLACE, Jakarta, 17 – 18 April 2012

Berbagai projek baru diperkenalkan, diantaranya optimalisasi social media sebagai employer branding, rekrutmen, employee brand ambassador, dan penerapan dalam komunikasi internal. Berbagi pengetahuan menjadi trend-baru dalam knowledge management dan tidak harus dilakukan dalam kelas, bahkan tanpa tatap muka langsung. Muncul macam compensation benefit baru seperti flexy-hours, worklife balanced hingga opsi telecommuting (bekerja dari rumah). Reward model yang tidak melulu didasarkan oleh uang ataupun pangkat.

Di seminar ini akan kembali ditegaskan bahwa SDM tidak bisa lagi bertahan dengan model dahulu. Berbagai inovasi-inovasi dan cara-cara penangangan SDM terbaru yang sudah banyak diimplementasikan di negara-negara maju, atau pun baru mulai diterapkan di Indonesia, akan dimunculkan. Dalam seminar ini, secara kolektif akan diperkenalkan penanganan paling tepat bagi SDM Indonesia menghadapi semua tantangan baru.

TUJUAN KEGIATAN
Seminar ini bertujuan:
1. Memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai tantangan, trend dan isu-isu terbaru di dunia SDM saat ini.
2. Berbagi pengetahuan serta pengalaman dari praktik terbaik (best practices) terkait penerapan trend tersebut.
3. Menjadikan praktisi SDM Indonesia menjadi lebih tanggap dan kreatif dalam mengembangkan karyawannya di tempatnya bekerja.

SASARAN PESERTA
Acara ini diarahkan untuk meningkatkan kontribusi SDM terhadap bisnis. Karena itu, acara ini akan sesuai untuk dihadiri pula oleh para pemimpin organisasi, praktisi, konsultan dan pemilik bisnis yang mengharapkan optimalisasi dari SDM di perusahaannya.

1. Profesional dan praktisi SDM.
2. Pakar yang ahli dalam bidang Manajemen SDM.
3. Pemerhati/pengamat SDM, Akademisi dan Mahasiswa dari bidang Bisnis serta Manajemen Sumber Daya Manusia.
4. Pemimpin perusahaan, direksi dan praktisi bisnis.
5. Pemilik perusahaan.

PEMBICARA DAN TEMA
Seminar ini akan menampilkan pembicara-pembicara dari kalangan para profesional praktisi SDM yang telah berpengalaman dalam melakukan praktik terbaiknya (best practice) dalam hal trend terbaru di dunia HR, baik dari Indonesia maupun negara tetangga.

Info lengkapnya silahkan KLIK di sini.

Tags: , ,