Indonesia Spiritual Capital Development

iSCD

Enrich The Transforming Human Capital, Accelerate Corporate Performance”.

6 – 7 Mei 2015 Ritz Carlton Hotel – Mega Kuningan, Jakarta

 iSCD

“Perusahaan nomor satu pada abad 21 harus memiliki kualitas karyawan nomor satu serta daya saing perusahaan nomor satu. Samsung membuat titik awal perubahan yang dimulai dari diri sendiri”. Lee Kun-Hee – (PresDir Samsung Group) 

Latar Belakang

Sebuah korporasi yang tangguh mempunyai pondasi yang kuat. Individu-individu “hebat” di korporasi adalah kunci keberhasilannya. Kemajuan teknologi informasi tidak serta-merta menjadikan sebuah perusahaan unggul. Kompetisi yang ketat, tuntutan yang semakin beragam, membuat bisnis memerlukan solusi inovatif yang cepat dan tepat untuk segala bidang, termasuk dalam peningkatan kompetensi karyawan.

Berbincang peningkatan kualitas karyawan, saat ini dunia Human Capital (HC) telah masuk ke dalam ranah yang jauh lebih dalam lagi, yaitu spiritual. Transformasi HC berbasis spiritual menjadi sebuah kebutuhan korporasi. Jika dulu seorang karyawan diberikan ragam pelatihan hardskill dan softskill. Saat ini perusahaan memfasilitasi karyawannya dengan pelatihan yang mengarah ke spiritual skill.

Di Indonesia, hal ini menjadi sebuah tantangan juga kesempatan. Spiritualitas seperti apa dan bagaimana yang mampu mendorong perubahan besar bagi perusahaan di “Era Asia”. Saat ini negara-negara di Asia, termasuk Indonesia mulai meningkat perannya dalam berbagai bidang; ekonomi, politik,  teknologi di kancah dunia.

Perusahaan masa kini bersaing dalam era knowledge sharing dan collaboration. Tantangan dan peluang tidak akan maksimal jika dikerjakan sendiri.”Every company should connect to each other. Those who can deliver maximum meaningfulness will be the winner”. Maximum meaningfulness berangkat dari kesadaran akan pentingnya spiritualitas dalam pengembangan human capital.

Beberapa perusahaan mulai membentuk satu unit khusus untuk mengembangkan karakter karyawannya melalui pendekatan spiritualitas. Salah satunya adalah Telkom. Terobosan Telkom dengan membentuk sebuah unit khusus, Spiritual Capital Management telah memberikan inspirasi bagi banyak kalangan dan mendapatkan respon positif.

Telkom berupaya menjadi sebuah organisasi sukses berkesinambungan mencoba mewujudkannya dengan menyeimbangkan antara spirit dan strategi. Kemampuan pemimpin paripurna yang memiliki kemampuan olah ruh¸olah rasa, olah rasio dan olah raga (4R) menjadi kunci keberlangsungan organisasi. Hal ini menjadi satu hal yang menarik dalam pengembangan human capital di tanah air.

Sejauh mana spiritualitas memengaruhi proses bisnis di perusahaan? Bagaimana  mencetak SDM berkarakter spiritual? Bagaimana perusahaan maupun individu dapat secara efektif mendapatkan manfaat untuk pengembangan spiritualitas? Bagaimana bentuk implementasi pengembangan spiritualitas di perusahaan? Bagaimana karakter spiritual dapat menjadi budaya di perusahaan.

Topik menarik tersebut akan dibahas secara menarik dalam seminar dan eksibisi yang bertajuk  Indonesia Spiritual Capital Development: “Enrich The Transforming Human Capital, Accelerate Corporate Performance”. Selama dua hari, akan dibahas banyak mengenai konsep, tren terkini, riset, best practices serta tips mengenai spiritual capital development

Tujuan Kegiatan

– Memberikan pemahaman kepada para praktisi Human Capital mengenai perkembangan spiritualitas di dunia pada umumnya dan Indonesia khususnya, tantangan, tren, isu terbaru sekaligus berbagi pengalaman dari praktik terbaik (best practices) terkait implementasinya dalam perusahaan.

– Membuka paradigm baru dalam pengelolaan human capital di perusahaan

– Berbagi pengalaman dari praktik terbaik (best practices) terkait implementasi karakter spiritual dalam perusahaan.

– Media untuk mendapatkan update pengetahuan terbaru terkait Spiritual Capital Development.

Bentuk Kegiatan

Mengakomodasi beberapa tujuan di atas, maka kegiatan diadakan secara komprehensif, terdiri dari:

1. Seminar Spiritual Capital Development Seminar 

Acara ini akan mengambil tema terkait “Enrich the Transforming Human Capital, Accelerate Corporate Performance”.

Pembicara terdiri dari para Pakar Pendidikan, Presiden Direktur dan Direktur SDM dari perusahaan terkemuka yang menerapkan Spiritual Capital Development, serta praktisi dan konsultan SDM yang kompeten dalam pengembangan karakter.

2. Gala Dinner (Hanya undangan) 

Gala dinner khusus undangan.

Sasaran Peserta

Kegiatan ini diarahkan untuk meningkatkan kontribusi Human Capital terhadap bisnis. Peningkatan kompetensi melalui pembelajaran spiritual yang efektif merupakan isu yang tidak hanya menjadi kepentingan praktisi SDM, namun juga memerlukan komitmen pimpinan bisnis. Karena itu acara ini akan sesuai untuk dihadiri oleh para pemimpin organisasi, pemilik bisnis, praktisi (learning & development) dan konsultan yang mengharapkan optimalisasi dari SDM di perusahaannya.

1. CEO, Direktur SDM, Kadiv SDM

2. Pemimpin bisnis dan pemilik usaha

3. Pengelola, pendidik di Corporate University, Public University maupun badan edukasi lainnya.

3. Praktisi, Konsultan dan Profesional

Pembicara dan Topik:

1. Herdy R. Harman – Dir. HCM Telkom & Ketua Forum HC Indonesia – BUMN

Spiritual Capital Development as a Key Success of People Management

2. Wahfiudin Sakam – CEO Radiks Training & Consulting

Human Capital Development – Spiritual Based

3. Yusuf Muhammad – Chief Spiritual Capital Management Telkom

Best Practises: From Character to Commerce

4. Hasnul Suhaemi – CEO PT. XL Axiata

Alignment between Corporate Culture & Human Capital Strategy

5. Ekuslie Goestiandi – Head of Astra Management Development Institute

Best Practises: Understanding Human Capital as a Driving Force to Accelerate Corporate Performance

6. Yuslam Fauzi* – Dean Islamic Banking School Bank Mandiri

How to Create a Competitive Environment to Accelerate Corporate Performance

 

Note: * Dalam konfirmasi

 

Pelaksanaan

Ritz Carlton Hotel

Mega Kuningan, Jakarta

Rabu – Kamis/6 – 7 Mei  2015

08:00 – 17:00 WIB

 

Investasi

Normal Rate                       : Rp5.670.000,-/peserta

Goup/Corporate                : Rp5.270.000,-/peserta

Early Bird                             : Rp5.000.000,-/peserta

 

Notes*:

1. Min 3 orang dari 1 perusahaan

2. Harga di atas sudah termasuk Pph 10%

3. Early Bird sampai dengan tanggal 17 April 2015

Pendaftaran Online:

[vfb id=12]

Tags: