HR for non HR

Tanggal : 11- 12 Agustus 2011

Waktu Pelaksanaan : 09.00 – 17.00 WIB

Tempat : Hotel atau Business Center di Jakarta

Investasi : Rp 3.000.000 (Termasuk materi handout dan CD Modul, 2x Coffee Break, makan siang dan sertifikat).

 

Pendahuluan :

Sebagaimana kita maklumi bahwa Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di setiap perusahaan adalah “motor penggerak utama” lajunya “bahtera usaha” agar dapat mencapai “pantai kesuksesan” yang menjadi “objectives atau goal” yang ditargetkan oleh Manajemen perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, dalam kurun dasa-warsa belakangan ini, sudah hampir semua perusahaan atau dunia usaha menggolongkan HR atau SDM bukan lagi “hanya sebagai Faktor Produksi” akan tetapi sudah dimasukan sebagai “Asset Perusahaan”.

Sebagai Asset Perusahaan yang sangat bernilai, tentu saja HR atau SDM perlu perhatian lebih besar, memerlukan juga pemeliharaan yang baik maupun pengembangan yang terarah dan terpadu, serta diperlakukan secara “manusiawi”, karena memang “berwujud manusia” (bukan seperti Asset yang lain – yang berupa Harta tak bergerak).

Di setiap Divisi/Department/Seksi atau Unit-unit kerja di semua perusahaan, baik yang operasional maupun supporting (pendukung), pasti mengelola SDM sebagai pelaksana dari tugas-tugas yang dibebankan oleh Manajemen perusahan tersebut.

 

Para Kepala Divisi/Department/Seksi atau semua Kepala Unit kerja, adalah “pemakai” (baca: pengelola) SDM di lingkungannya masing-masing, yang tahu persis mengenai : kemampuan, ketrampilan, kebiasaan, perilaku dan prestasi kerja yang mereka capai.

Kebiasaan yang selama ini terjadi, bahwa semua urusan SDM selalu dikembalikan dan ditangani oleh HRD Department, sudah tidak jamannya lagi. Artinya semua Kepala Unit Kerja di perusahaan wajib “berfungsi” sebagai Human Resourses Management, sedangkan HRD Department akan menjadi Narasumber dan Fasilitator maupun membantu penuh untuk melaksanakan keputusan/kebijakan yang diusulkan oleh “pengguna” SDM tersebut.

Oleh karena itu, maka Kepala Unit Kerja (Non HRD Department) dirasa perlu untuk mengerti dan memahami sekilas mengenai “Human Resources Management”, karena alasan-alasan untama sebagai berikut: “keterlibatan” mereka sangat diperlukan sejak proses seleksi Karyawan, penempatan dan mempekerjakan, memberikan tugas, membimbing (tutorial), mengarahkan (dengan memberikan reward & penalty), menilai kinerja, mengembangkan (usul untuk pelatihan & pendidikan) dan bahkan sampai dengan promosi/rotasi dan mutasi (bila diperlukan) maupun rencana suksesi pimpinan di perusahaan.

Setelah Mengikuti Seminar, peserta diharapkan :

– Memahami bagaimana pentingnya mengelola SDM dengan baik di lingkungan masing-masing;

– Mempunyai wawasan yang lebih luas tentang HR Management;

– Memiliki kemampuan manajerial dan leadership yang lebih baik, karena mereka tahu bahwa penanganan SDM dengan baik akan menghasilkan out-put (hasil kinerja) yang lebih baik;

– Memahami bagaimana pentingnya memberikan perhatian mengenai Reward & Punishment bagi Karyawan di lingkungannya demi mencapai target.

Outline :

Sesi 1 : Pengenalan tentang Human Resources Management (Introducing Of HR Management)

– Bagaimana cara memilih dan menempatkan karyawan (staffing).

– Penilaian kinerja karyawan hubungannya dengan hrm (performance management vs hr management).

– Manajemen imbal jasa (compensation & benefits).

– Kesehatan dan keselamatan serta kesejahteraan karyawan (safety and health management).

– Bagaimana menangani hubungan dengan karyawan (employee & labor relation).

    Sesi 2 : Bagaimana Memahami Tentang Hubungan Industrial dan Hubungan Industrial Pancasila (HIP) (How To Handle Industrial Relation).

    Sesi 3 : Kiat-kiat Menangani Demo atau Pemogokan Karyawan (Buruh) (Handling Demo and Strike).

    Sesi 4 : Fungsi-Fungsi Sebagai Konselor Untuk Konseling Karyawan Di Lingkungan Masing-masing (Consoling Of Human Resources Function).

    Sesi 5 : Tanggung Jawab Mengelola SDM bagi semua Kepala Unit Kerja Non HRD Department (Responsibility Of Dept. Head Or Manager To Manage Of Human Resources).

    Sesi 6 : Jenis-jenis Karyawan Sulit (Karyawan Yang Dikelola) dang Bagaimana Cara Menanganinya. (Type Of Difficult Persons And How To Handling Them)

    Who Should Attend ?

    – Para direktur keuangan dan akunting; sales / marketing; produksi; ga and security; logistil dan gudang; pengadaan dll. (non hrd department).

    – Para general manager dan senior manager bidang operasional.

    – Para manager yang bukan terkait dengan hrd dept.

    – Para junior & assisten manager atau sampai level supervisor non hrd dept.

    – Staf ahli direksi maupun personal assistant yang bukan berkecimpung di bidang hrd dept.

      Trainer :

      Heru Cokro / Abdul Aziz / Krisdiani Syamsudin

      Para Professional dan Praktisi iSDM memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dibidangnya masing-masing. Dengan  berbagai jabatan yang pernah dipegang antara lain : Operational Director, Training & People Development Manager, Training Manager, Head of waste water treatment facility, Finance Director, Financial Planning Manager, Sales Manager, HR Direktur, dll. dan pernah bekerja di perusahaan multinasional maupun organisasi internasional seperti Astra International, The National Conservation – US Based NGO, dll) serta lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.


       

      My Fieldset
      1. (required)
      2. (valid email required)
       

      cforms contact form by delicious:days