Employer Branding: Strengthening your Company Competitiveness

Prasetiya Mulya Business School Partnership with Citibank N.A

HR Gathering 2013

Kamis, 12 September 2013

Pk 09.00 – 13.00 WIB

Grand Mutiara Room, Ritz Carlton, Kuningan

Bagi perusahaan, memiliki karyawan yang berkualitas, berkomitmen, berdedikasi, produktif, dan memiliki loyalitas tinggi tentu merupakan “aset” yang penting bagi perkembangan perusahaan pada masa datang. Salah satu yang bisa dilakukan suatu perusahaan, yaitu dengan employer branding.

Di Indonesia, secara umum, masih relatif sedikit perusahaan yang mengerti dan melakukan program employer branding, kebanyakan yang memiliki program ini adalah perusahaan multinasional. Di tengah persaingan yang begitu kompetitif, persaingan tidak hanya dalam hal merebut pasar (market share) maupun keuntungan (profit share), tapi juga mencakup persaingan dalam merebut kandidat karyawan terbaik maupun mempertahankan karyawan yang terbaik yang dimiliki perusahaan. Saat ini, para HR executives mulai mengangkat proyek Employer Branding di dalam divisi Human Resources karena mereka melihat employer branding ini sebagai sebuah alat penting dalam menjalankan bisnis agar sebuah perusahaan tetap menjadi yang terdepan di dalam persaingan bisnis yang ada.

Perusahaan yang memiliki employer brand mulai melakukan promosi tidak hanya dari sisi tangible benefit yang bisa didapatkan oleh karyawan seperti gaji atau fasilitas lainnya, tetapi mulai memfokuskan upaya yang lebih strategies yaitu meningkatkan engagement dari calon karyawan dan karyawan terhadap perusahaan.

Prasetiya Mulya partner with Citibank akan mengadakan sebuah seminar yang akan memberikan perspektif yang jelas tentang bagaimana perusahaan menangani isu employer branding yang tengah berkembang serta isu-isu lain yang dihadapi. HR Gathering akan mengupas permasalahan di atas dari sudut pandang praktisi HR yang dikaitkan dengan pendekatan marketing yang dijalankan oleh beberapa perusahaan.  Selain itu, acara ini juga bertujuan sebagai wadah bagi para praktisi sumber daya manusia untuk bertemu dan saling berbagi informasi seputar dunia sumber daya manusia di Indonesia.

Preview pembahasan oleh pembicara :

Citibank Indonesia

Pembicara : Pambudi Haju Sunarsihanto (HR Director)

Citibank sangat dikenal sebagai perusahaan yang sangat bagus dalam hal pengembangan karyawannya sehingga ada paradigma yang terbentuk bahwa Citibank adalah ‘school for bankers, dimana banyak yang menjadikan Citibank sebagai tempat untuk belajar dunia perbankan.

– Sejak kapan Citibank melakukan employer branding

Bagaimana Citibank melakukan employer branding sehingga banyak fresh graduate talent ingin berkarier di Citibank

– Program  apa saja yang dilakukan oleh Citibank untuk retaining karyawan dan seberapa efektif program tersebut.

– Adakah program employer branding lain yang dilaksanakan oleh Citibank yang membedakan Citibank dengan perusahaan lainnya

PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV)

Pembicara : Ir. Latif Harnoko, MBA (Vice President Divisi Layanan Koorporat)

Trans TV sangat terkenal sebagai sekolah bagi fresh graduate yang ingin berkarier di media. Menjadi kebanggaan bagi karyawannya memakai seragam hitam Trans TV dan  tentunya merupakan branding tersendiri bagi Trans TV. Selain itu seragam hitam Trans TV juga mampu mengubah persepsi bahwa bekerja di dunia kreatif dimana seharusnya bisa berpakaian bebas, namun dengan memakai seragam tetap membuat karyawannya bangga.

– Bagaimana perusahaan melakukan employer branding sehingga banyak fresh graduate talent ingin berkarier di Trans TV

– Mengapa perusahaan tetap mempertahankan untuk melakukan employer branding, melihat bahwa perusahaan mengalami posisi zero growth di tahun 2008

– Program kreatif apa saja yang dilakukan Trans TV dalam employer branding

 

Adjunct Faculty Member Prasetiya Mulya Business School

Pembicara : Michael Adrianto (Managing Director Strategic and Human Resources Director Sinarmas Agribusiness & Food)

– Pendekatan employer branding, dikaitkan dari sisi ilmu HR dan marketing

– Praktek employer branding di perusahaan, di mana Bapak Michael bekerja di dunia HR dan memiliki latar belakang pendidikan marketing di Prasetiya Mulya

Moderator : G. Pratiknyo, MBA (Faculty Member Prasetiya Mulya Business School)

 

Tags: