Developing Global Competence for (Future) Indonesian Leaders

GLOBAL INDONESIAN NETWORK

FAKULTAS PSIKOLOGI & PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

&

TJITRA & ASSOCIATES

bekerjasama dengan :

RADIO BRAVA

PORTALHR

Menyelenggarakan program Global Indonesian Network seri ke 12 dengan tema:

“Developing Global Competence for (Future) Indonesian Leaders”

*The Global Indonesian Network: a series of dialogue between academic research and corporate practices, hosted by the Faculty of Psychology Atma Jaya Catholic University of Indonesia and Tjitra & Associates, with our strategic partners, among others are: Zhejiang University, Kontak KMKI, Radio Brava and PortalHR. Our aim is to promote a closer academic-practices dialogue and to establish a common learning platform where theory meets reality.

A. Waktu dan Tempat

Jumat, 30 Agustus 2013

Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

B. Rangkaian Acara:

08.00 – 08.45 : Registrasi

08.45 – 09.15 : Pembukaan dan Perkenalan Partisipan

09.15 – 10.00 : Sesi 1 ( Dr. Juliana Murniati )

10.00 – 10.45 : Sesi 2 ( Enny Sampurno )

10.45 – 11.15 : Coffee Break

11.15 – 12.00 : Diskusi dan Implikasi Bisnis

12.00 : Closing

 

C. Pembicara:

Dr. Juliana Murniati

Dekan, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Beliau akan berbagi fakta empiris serta hasil penelitian tentang profil para talenta Indonesia, serta peran akademisi dalam mengembangkan model dan program bagi organisasi untuk menciptakan ‘global Indonesian’.

Enny Sampurno

HR Director, Unilever Indonesia

Beliau akan berbagi pengalaman dan implementasi program dalam mengembangkan kompetensi global para pemimpin di Unilever.

D. Fasilitator & Host

Prof. Dr. Hora Tjitra

Executive Director, Tjitra & Associates

Associate Professor for Applied Psychology, Zhejiang University, China

Dr. Hana Panggabean

Direktur, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

E. Peserta dan Format kegiatan

Format: Roundtable discussion

Jumlah peserta: + 30 orang

Usia peserta: 25 – 50 tahun

Background pekerjaan: Manager – CEO

Bidang pekerjaan: Sebagian besar berasal dari bidang HR

F. Gambaran Materi

Indonesia mulai dikenal luas di kancah global mengingat potensinya yang besar dan menjanjikan – baik dari sisi ekonomi maupun demografinya. Bukan hanya menjadi tujuan investasi negara lain, perusahaan Indonesia juga saat ini mulai keluar dari area domestik untuk masuk ke persaingan global.

Kedua hal tersebut tentunya menggarisbawahi pentingnya sumberdaya manusia Indonesia yang kompeten, baik untuk bersaing di Indonesia maupun di kancah global – agar dapat mencapai tujuan organisasi.

Di sisi lain, menurut hasil survei yang dilaksanakan oleh Boston Consulting Group dan World Federation of People Management Association, para eksekutif senior mengemukakan bahwa mengelola talenta dan mengembangkan kepemimpinan merupakan dua permasalahan utama yang kini terjadi di Indonesia. Secara lebih spesifik, para pemimpin di organisasi seringkali mengeluhkan tantangan yang dihadapi dalam memberikan penugasan internasional kepada para talenta Indonesia. Apa yang menyebabkan hal ini, dan bagaimana strategi yang tepat bagi organisasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, terutama dengan Asean-China Free Trade Area yang menanti di depan mata?

Dari segi akademis, akan dibahas mengenai profil para talenta Indonesia berdasarkan hasil penelitian, serta peran akademis dalam mengembangkan model dan program pengembangan bagi organisasi untuk menciptakan ‘global Indonesian’. Sedangkan dari segi praktisi, akan dibahas mengenai pengalaman terbaik penerapan berbagai program yang dirancang organisasi.

Di akhir sesi, implikasi bagi dunia industri dan bisnis dari topik tersebut akan dibahas bersama dengan para partisipan yang berasal dari profesional akademis dan pimpinan korporat.

 

” Pendaftaran ditutup karena quota tempat sudah terpenuhi “.


Tags: