Comprehensive Strategic Manpower Planning (CSMP)

18-19 Mei 2011
Menara Kadin Indonesia lt.24

Latar Belakang

Perencanaan kebutuhan sumberdaya manusia (SDM) organisasi sebenarnya merupakan salah satu tugas strategis dari setiap praktisi HR (Human Resources) dan non-HR. Selama ini, perencanaan kebutuhan SDM organisasi sering dianggap hanya tugas taktis ketimbang strategis. Meskipun perencanaan SDM disusun oleh Staff/Manpower Planner, Supervisor, Manager HR, dan Manager di berbagai bidang, namun perlu dipahami bahwa kebutuhan pegawai tidak bisa dilepaskan dari rencana strategis organisasi dalam beberapa tahun ke depan, di samping kebutuhan yang sifatnya didasarkan kepada aspek operasional organisasi saat ini. Dengan demikian, sebuah perencanaan kebutuhan SDM merupakan hasil kombinasi kebutuhan yang bersifat Top-down (strategi/rencana bisnis), dan Bottom-up (antara lain, posisi yang kosong, attrition rate dan workload analysis). Sebuah perencanaan kebutuhan SDM yang baik harus didasarkan kepada sejumlah pertimbangan dan metodologi, tidak hanya bisa berdasarkan Workload Analysis.
Program workshop ini memberikan berbagai pertimbangan dan metodologi di dalam menyusun perencanaan kebutuhan SDM secara komprehensif. Satu demi satu pertimbangan dan metodologi tersebut dikupas: 1) Jabatan yang kosong; 2) Business Plan (Business Strategy); 3) Workload Analysis berdasarkan Key Acitivity & Business Process; 4) Human Capital Readiness/Succession Plan; 5) Attrition Rate. Setelah seluruh kebutuhan SDM ini dikonsolidasikan, maka tahapan berikutnya adalah menyesuaikannya dengan Budget (rekrutmen dan biaya remunerasi), analisis ketersediaan internal dan pasokan eksternal. Hasilnya adalah sebuah perencanaan kebutuhan SDM yang komprehensif, baik dalam jangka pendek (1-2 tahun ke depan) maupun menengah-panjang (3 tahun atau lebih ke depan).

Program CSMP menjawab kebutuhan industri manufaktur, industri jasa, dan organisasi publik (lembaga nirlaba dan instansi pemerintah) terhadap perencanaan kebutuhan SDM organisasi. Selama ini istilah Manpower Planning hanya dianggap cocok untuk industri manufaktur. Dalam konteks Workload Analysis, metode time motion studies tidak bisa sepenuhnya dipakai untuk menghasilkan akurasi yang tinggi. Metode yang lebih tepat adalah menggunakan metode Key Actvity Base dan Business Process Mapping. Workshop ini juga akan mengintegrasikan Workload Analysis dengan standar mutu (ISO dan sebagainya) sehingga kalau disusun dengan baik akan menghasilkan perbaikan secara terus menerus dalam business process organisasi (Kaizen, Six Sigma, Business Process Reengineering).

Training Tools & Excercises
• Simulasi “Key Activity & Business Process” (MS Excel)
• Simulasi “Workload Analysis” (MS Excel)
• Simulasi “Business Plan/Strategy Analysis” (MS Excel)
• Simulasi “Human Capital Readiness/Succession Plan Analysis” (MS Excel)
• Simulasi Attrition Rate Analysis” (MS Excel)

Simulasi Manpower Plan Consolidation” (Ms Excel)

• Simulasi “Shortterm & Longterm Comprehensive Strategic Manpower Plan”
Sasaran Program
• Seluruh Manpower Planner
• HR Supervisor & Manager
• Manager dari berbagai unit kerja
• pejabat pada Change Management Office

Topik Program
• The alignment of manpower planning with business strategy
• The Nature of Organizations
• Diagnosing Symptoms of Organization Effectiveness
• Comprehensive Strategic Manpower Planning Process & Methodology: Shortterm-Medium Term-Longterm
– Job vacant based on existing organization/unit structure, need & policy
– Business Plan/Strategy
– Workload Analysis: Key Activity Base & Business Process Mapping
– Human Capital Readiness/Succession Plan
– Attrition Rate
– New business competency requirement

• Methodology to calcalute Full Time Equivalent (FTE)
• Consolidated Manpower Plan vs. Budget
• Consolidated Manpower Plan vs. Internal & External Supply
• Execution Plan of consolidated manpower plan: shortterm & medium-longterm plan

Workshop Methodology
Workshop ini lebih menekankan aspek praktik ketimbang teori. Dari 2 hari workshop, aspek teori hanya diberikan kurang dari 1 hari, sisanya berupa latihan. Untuk keperluan latihan Workload Analysis, para peserta diminta untuk membawa contoh 1 jabatan untuk dianalisis beban kerjanya (jabatan yang barangkali selama ini sulit diukur beban kerjanya) lengkap dengan Key Activity & (kalau ada) Business Process Mapping (SOP) yang bersangkutan. Presentasi berupa grup dan konsultansi individual juga akan diberikan.

Target Peserta

Seluruh Manpower Planner, HR Supervisor & Manager, Manager dari berbagai unit kerja, pejabat pada Change Management Office, dan eksekutif yang memerlukan pemahaman komprehensif tentang perencanaan kebutuhan SDM.

Fasilitator
Syahmuharnis

Lama berkecimpung sebagai eksekutif HR dan konsultan Strategic Performance Management di sejumlah perusahaan nasional dan regional. Banyak memberikan workshop dan konsultansi untuk perusahaan swasta di berbagai bidang dan instansi pemerintah serta organisasi nirlaba. Syahmuharnis merupakan pengembang CSMP berdasarkan pengalaman praktik dan best practice di organisasi nasional, regional, dan global.

Investment Fee
Rp. 3000.000,-/peserta
Early Bird : Rp. 2.750.000,- /peserta (Lunas H-7)