1 Day Training HRD Management for Beginners

MEMAHAMI secara lengkap bidang pengelolaan, pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia, mutlak diperlukan bagi pemula. Para staf atau calon staf HRD ini perlu memahami semua fungsi-fungsi HRD dan peran HRD di perusahaan, sebagai langkah awal untuk mengembangkan karir.

Semenjak Indonesia Indonesia berubah dari negara agraris menjadi negara industri, bidang pengelolaan, pemberdayaan dan pengembangan tenaga kerja (baca: SDM) sangat diperhatikan. Ada anggapan bahwa mutu SDM di Indonesia rendah. Hal itu tentu relatif karena pada tingkat tertentu justru tenaga kerja Indonesia banyak diminta untuk bekerja di luar negeri.

Satu hal yang perlu dicermati adalah mengenai sistim pendidikan kita yang tidak mengacu kepada kebutuhan di industri, banyak keluhan dari kalangan industri bahwa lulusan perguruan tinggi belum siap kerja. Perlu adanya pelatihan-pelatihan tambahan yang intensive untuk mempersiapkan agar lulusan perguruan tinggi dapat diserap di industri, sehingga terjadi ”link and match” antara perguruan tinggi dan industri.

Pengangguran terus meningkat, tiap tahun 2 sampai 3 juta pencari kerja memasuki dunia kerja, sebagian besar dari mereka tidak tertampung. Persaingan memperebutkan peluang kerja sangat ketat, yang tidak mempersiapkan diri sulit untk bersaing.

PMA masih sangat dibutuhkan oleh negara kita, sehingga butuh SDM yang handal. Untuk mengelola SDM diperlukan banyak praktisi yang mengerti dengan bidang management SDM ini. Kompetensi yang diperlukan tidak dapat diperoleh dibangku perguruan tinggi. Sehingga bagi yang ingin terjun kebidang ini, perlu mendapatkan teknik dan alat yang diperlukan melalui pelatihan keterampilan. Lulusan S2 dibidang MSDM pun belum menjamin telah menguasai pengetahuan praktis mengenai bidang management ini.

Pelatihan ini membekali Staff atau calon Staff HRD memahami semua fungsi-fungsi HRD dan peran HRD di perusahaan, sebagai langkah awal untuk mengembangkan karir di bidang management ini. Akan dijelaskan “the whole spectrum” dari semua fungsi-fungsi HRD yaitu Employment, Salary & Compensation Administration, Industrial Relations, Training & Development, Government Relations, dan Employee Benefits & Facilities.

Peserta dilengkapi dengan berbagai employment transaction forms (formulir kepersonaliaan) sejumlah 47 macam, berbagai file yang terkait dengan pekerjaan di HRD sejumlah 60 file. Semuanya diperlukan dalam menjalankan fungsi-fungsi HRD diperusahaan, di-down load dalam 1 CD yang dapat segera dipakai.

Beberapa Informasi mengenai Training ini:
1) Peserta akan dilengkapi dengan berbagai contoh formulir kepersonaliaan (employment transaction forms) yang langsung dapat digunakan, berikut materi training yang diberikan dalam bentuk hard copy dan soft copy, termasuk contoh Peraturan Perusahaan.
2) Peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai HRD Management yang meliputi :
a. 6 fungsi dari HRD Management dan perannya diperusahaan.
b. Sistim remunerasi yang effective (job grading), berdasarkan Kepmen 49/2004 mengenai struktur dan skala gaji.
c. Pelaksanaan UU No.13/2003 mengenai pengembangan tenaga kerja, perlindungan, sistim pengupahan, pemutusan hubungan kerja, pengurangan tenaga kerja dan pengawasan.
d. Prosedur dan ketentuan mengenai Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) sesuai UU No. 2/2004.
e. Pembuatan HRD Work Program sebagai acuan untuk mengelola HRD Dept.
f. Aspek industrial relations yang terkait dengan cara-cara meng-handle Serikat Pekerja untuk menciptakan ketenangan bekerja dan berusaha.

Tempat dan waktu:
Sabtu, 21 Januari 2012, jam 08.30 – 16.30
HOTEL SOFYAN BETAWI, Jalan Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat

Training Instructor: Asfar Arief MBA

Asfar Arief MBA, adalah praktisi senior HRD Management yang berpengalaman lebih 30 tahun di berbagai MNC, antara lain dengan McDermott, Sampoerna, BASF, BP Petroleum, Rothmans of Pall Mall, ETERNIT, Edison Mission, Radisson, Sunrise. Setelah pensiun bergabung dengan beberapa lembaga pelatihan dan telah memberikan puluhan kali pelatihan HRD, termasuk yang in-house. Selain memberikan training HRD secara umum yang menyangkut semua fungsi-fungsi HRD, juga memberikan training yang bersifat khusus yaitu mengenai Job Grading, yaitu teknik menyusun struktur penggajian. Training bersifat praktis dan aplikatif langsung dapat diimplementasikan. Materi training ini umumnya tidak tersedia di bangku kuliah.

Biaya Training: Rp.1.200.000,- per peserta

Biaya termasuk untuk makan siang, snack, certificate dan materi/handout diberikan berupa hard copy and soft copy.

Penyelenggara: BINA PROFESI JAKARTA

My Fieldset
  1. (required)
  2. (valid email required)
 

cforms contact form by delicious:days

Tags: ,