Ingin Menjadi Entrepreneur Sukses, Miliki 3 Daftar Ini

to-do-list

Memiliki usaha atau bisnis adalah impian semua orang. Dalam bayangan kita, seorang entrepreneur memiliki kebebasan untuk mengatur waktunya, liburan kapanpun dan tidak ada yang menyuruh mereka datang ke kantor.

Akan tetapi pada kenyataannya, menjadi pengusaha tidaklah sesederhana itu. Justru ketika memutuskan untuk memulai usaha, seseorang menjadi lebih sibuk dari sebelum-sebelumnya. Jika awalnya mereka hanya memegang satu divisi ketika menjadi seorang karyawan, mereka harus mengenakan topi HR, IT dan bahkan marketing ketika memutuskan untuk menjadi pengusaha.

to-do-list

Untuk mengapai kesuksesan dalam berbisnis, seseorang harus bisa bersikap sistematis dan terstruktur. Hal tersebut dapat dibantu dengan suatu alat sederhana yang kerap kita sebut dengan “daftar” atau list. Daftar tugas atau daftar kebutuhan yang harus dipenuhi misalnya. Karena tanpa hal tersebut, akan sulit bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Dan berikut adalah jenis “daftar” yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur,

  1. To-Do List

Anda harus memiliki daftar yang satu ini. Anda bisa membuatnya sebagai daftar harian atau atau bahkan mingguan. Tergantung dari kebutuhan Anda. Bahkan, Anda dapat membuatnya berdasarkan proyek atau klien.

To do list adalah alat yang paling efektif untuk merencanakan hari Anda, oleh karena itu, pastikan untuk tidak mencantumkan terlalu banyak kegiatan dalam satu to-do list. Intinya, masukkan dalam daftar tersebut sesuatu yang benar-benar feasible atau memungkinkan untuk dikerjakan dalam waktu dan sumber daya yang tersedia. Bisa saja Anda membuat to-do list tersebut pada malam hari untuk jadwal keesokan harinya. Dengan begitu, kegiatan Anda akan terfokus dan waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

  1. Outsource List (delegasi tugas)

Hanya karena Anda dapat melakukannya sendiri bukan berarti Anda betul-betul harus turun tangan. Kecenderungan yang terjadi adalah setiap orang ingin memastikan bahwa semua proses berjalan lancar, terlebih lagi jika itu menyangkut tentang bisnisnya. Hanya saja, kita harus belajar untuk mendelegasikan beberapa hal kepada orang lain. Kuncinya adalah memilih orang yang memang dapat kita percaya.

Mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada orang lain membuat kita lebih fokus pada pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, mulai sekarang, buatlah daftar yang berisi pekerjaan-pekerjaan penting tetapi bisa didelegasikan kepada orang lain. Beberapa contoh kegiatan yang mudah didelegasikan misalnya memesan hotel, memposting artikel di sosial media kita, membuat janji dengan klien dan masih banyak lainnya.

Jika Anda sudah membuat daftar outsourcing, jangan lupa untuk menambah kegiatan di daftar to-do list dengan situasi Anda memiliki waktu tambahan karena sudah mendapat bantuan dari orang lain.

  1. To-become list (daftar mimpi).

“You become what you believe”, begitu kalimat yang pernah diungkapkan oleh Oprah Winfrey, seorang pemandu talkshow tersohor di dunia. Intinya adalah, untuk menjadi orang besar, kita harus memiliki mimpi atau cita-cita. Jika kita memiliki target yang jelas, akan lebih mudah bagi kita menggapainya. Terlebih lagi apabila kita menuliskan cita-cita tersebut. Menurut sebuah penelitian, ketika kita menuliskan goal atau mimpi-mimpi kita, peluang kita untuk dapat merealisasikannya bertambah sebesar 33%.

Isi dari daftar ini bisa berasal dari berbagai macam aspek dalam bisnis Anda. Berpikirlah sebuah misi yang besar, meskipun Anda masih bingung tentang bagaimana meraihnya. Membuat to-become list jelas akan membuat Anda termotivasi, bertanggung jawab dan selalu mengingat tujuan sesungguhnya dari bisnis kita dan bahkan hidup kita. (*)