White Board Bisa Membantu Anda Sukses, Kok Bisa?

white-board-593309_640

Salah satu permasalahan umum dalam menjalankan bisnis adalah banyaknya data yang harus kita olah dan proses setiap harinya. Biasanya Anda cenderung akan menghabiskan waktu untuk memenuhi kebutuhan orang lain sehingga Anda akan merasa tidak berkembang sama sekali.

Dengan ritme kerja semacam ini, akan sangat mudah bagi Anda untuk melupakan target yang ditetapkan dalam satu tahun. Imbasnya, bisa-bisa Anda hanya menjalankan rutinitas yang membosankan dan tidak bermakna. Kondisi semacam ini membuat Anda pun sulit termotivasi atau bersemangat.

Baca juga: 14 Nasihat Terbaik dari Ayah Para Tokoh Sukses

Kontributor dari inc.com, Andrew Griffiths menjabarkan bahwa kunci sukses yang ia pakai untuk tetap termotivasi adalah sebuah white board atau papan tulis putih yang ia letakkan di pojok ruangan. Pada tanggal 1 Januari ia akan menghapus bersih papan tersebut, yang mengartikan bahwa ia siap untuk memulai tahun.

white-board-593309_640

(Sumber image: pixabaycom)

Kemudian sejalan dengan pergantian hari atau bulan ia menuliskan pencapaian atau moment spesial ke dalam papan tersebut. Apapun ia tulis, misalnya memenangkan tender, menyelesaikan proyek, mendapatkan klien baru, atau bahkan liburan ke tempat-tempat tertentu.

Baca juga: Infografik Urutan Kelahiran Menentukan Kesuksesan Anda

Di awal tahun biasanya dimulai dengan ritme kerja yang sedikit pelan, kemudian terjadi akselerasi hingga tengah tahun dan semakin cepat ritmenya ketika mendekati akhir tahun. Meskipun hanya sebuah papan mati, benda tersebut memberikan kekuatan psikologis yang dapat memberikan dampak besar dalam menjalankan bisnis.

Jadi, apa keuntungan bagi kita untuk memiliki “success board” tersebut? Berikut di antaranya:

1. Papan tersebut mengingatkan kita tentang kesuksesan yang kita capai. Ketika kita bisa melihat pencapaian-pencapaian yang telah kita lakukan dalam satu spot, rasa percaya diri kita akan muncul dan semangat kita akan bertambah.

2. Papan tersebut akan memperlihatkan progress atau perkembangan yang kita lakukan. Sebuah riset menunjukkan bahwa sebagian besar orang merasakan kepuasan ketika kewajibannya selesai dikerjakan. Dan papan tersebut adalah salah satu alat konkrit yang bisa memberikan ilustrasikan dengan jelas.

3. Pada suatu hari ketika kita merasa flat atau datar, kita akan merasa lebih baik dengan melihat papan tersebut. Misalnya ketika kita menghadapi pengalaman yang buruk, klien marah-marah di telepon atau kehilangan konsumen, maka papan tersebut adalah penghibur yang baik ketika kita menatapnya.

Kadang-kadang ide yang sederhana adalah ide yang berdampak besar. Jika saat ini Anda memerlukan sebuah alat untuk memotivasi, mungkin Anda bisa menaruh papan tulis putih di ruang kerja mulai sekarang. Selamat mencoba. (*)

Tags: , ,