Selaraskan Sudut Pandang HR dengan CEO

Orang HR (human resources) mulai sekarang harus bangkit. Jangan segan tampil di depan, dan jangan ragu untuk duduk bareng dengan jajaran direksi. Inilah tantangan HR masa kini.

Pesan dan ajakan agar orang HR harus berbenah dari sekarang, muncul dari seorang Goenawan Loekito, Marketing Director Oracle Indonesia, yang tampil sebagai keynote speaker di acara Konferensi Nasional SDM Indonesia 2011, di Jakarta, 26-27 Oktober 2011. Hal ini terutama untuk mengimbangi dunia bisnis yang bergerak begitu cepat.

Goenawan juga menegaskan bahwa praktisi HR di Indonesia harus lebih greget, utamanya ketika perusahaannya telah mencanangkan akan menjadi world class company. “Kendala terbesarnya SDM Indonesia kurang pede dengan penguasaan Bahasa Inggrisnya. Kita harus rubah ini, karena kita lihat orang India maupun Singapura dengan dialek khasnya toh bisa juga diterima, kenapa Indonesia tidak,” kata Goenawan.

Di hadapan ratusan peserta konferensi, Goenawan memberikan gambaran betapa tantangan yang dihadapi oleh praktisi HR saat ini begitu besar. “Dalam dunia nyata apa yang dilihat oleh CEO adalah adalah growth, growth, dan growth baik dalam hal business, sales revenue dan profit. Orang HR bukan lagi konco wingking, tapi HR adalah business partner. Ia harus berani berada di depan tetapi tidak melangkahi kode etik,” ujarnya.

Orang HR, lanjut Goenawan harus mengerti apa yang diinginkan oleh CEO, sehingga praktis tugas HR saat ini tidak lagi hanya mengurusi hal-hal administrasi. “Inilah kenapa orang HR harus tahu perusahaan itu bisnisnya apa,” katanya.

Untuk itu Goenawan menantang para peserta konferensi. “Mulai dari sekarang siapkan diri baik-baik. Coba dua bulan dari sekarang, tantang diri Anda sendiri untuk berani bicara kepada CEO untuk minta diajak dalam rapat-rapat. Minimal jadi pendengar yang baik dulu. Setelah beberapa kali ikut, tunggu momen yang tepat untuk menyampaikan ide. Sampaikan gagasan dari sudut pandang HR yang bisa mendorong apa yang diinginkan oleh CEO. Inilah fungsi HR sebagai business partner,” tukasnya. (team @portalHR)

 

Tags: , ,