Satu Hal yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses

Kesuksesan datang kepada kita dalam berbagai bentuk dan warna. Pun caranya mendatangi kita juga berbeda-beda. Namun, ada satu hal yang umum kita lihat pada orang yang sukses, yakni motivasi yang kuat dan kelaparan akan kesuksesan yang membuat mereka tidak menyerah di tengah jalan. Pada kenyataannya, memang di balik kesuksesan orang-orang hebat, kegagalan selalu ada, tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali. Kesuksesan kembali mereka raih karena sikapnya yang mampu bangkit dari keterpurukan, belajar dari kegagalan dan terus-menerus berusaha.

Dirangkum dari linkedin.com, berikut adalah contoh kegagalan besar yang  pernah dialami tokoh-tokoh hebat dunia dan bagaimana mereka bangkit dari kegagalan tersebut:

1. Henry Ford

Beberapa kegagalan mengawali kesuksesan dari seorang Henry Ford. Pendiri Ford Motor Company tersebut mengalami kebangkrutan ketika investasi pertamanya baru berumur satu tahun. Ia pun kembali memulainya satu setengah tahun setelah itu. Itupun tidak juga berhasil karena pemegang saham merasa tidak yakin dengan kemampuan Ford. Beberapa waktu kemudian, setelah ia berusaha mengumpulkan uang dan berhasil merintis kembali perusahaannya, ia masih harus menelan pil pahit karena ia harus keluar dari bisnis tersebut akibat tekanan pemilik modal terhadapnya. Namun, setidak percaya apapun orang-orang terhadap Ford, dia tetap pantang menyerah hingga sekarang terlihat hasil kesuksesan Ford Motor Company yang ia bangun.

2. Walt Disney

Walt Disney adalah pemilik Disney Empire, dari mulai movie making hingga taman bermain karakter Disney di berbagai belahan dunia. Siapa sangka bahwa Walt Disney pernah dikeluarkan dari tempat kerjanya di Kansas di awal-awal karirnya. Alasannya cukup membuat kita tercengang, ia dinilai kurang kreatif. Dan apa pun sebutannya dahulu, kini Walt Disney telah membuktikan bahwa ia bisa sukses dengan apa yang miliki.

3. Richard Branson

Jika kita pernah mendengar Virgin Music, Virgin Atlantic dan Virgin Active, maka dialah pengusaha pemilik dari semua perusahaan tersebut. Richard Branson mengundurkan diri dari sekolah pada umur 16 untuk menginisiasi student magazine. Majalah itu pun gagal. Tak habis akal, dia pun mencoba peruntungan lain. Kala itu ia mencoba menerima orderan untuk jasa recording dan hingga sekarang, perusahaan tersebut berjaya. Pun begitu, beberapa kali  kegagalan pernah ia alami mislanya saja kegagalan Virgin Cola, Virgin Vodka, Virgin Clothes, Virgin Vie, Virgin cards, dll.

4. Oprah Winfrey

Ia adalah artis yang merupakan number one list versi majalah Forbes. Seorang icon presenter talk show sekaligus juga produser. Dahulunya, Oprah pernah dipecat dari posisi seorang reporter karena wajahnya dianggap tidak cocok untuk layar kaca.

5. JK Rowling

Dengan buku karyanya yang mendunia, terjual hingga 400 juta copy, maka tidak diragukan lagi bahwa penulis Harry Potter ini adalah penulis yang mumpuni. Beberapa waktu sebelum sukses, ia sempat ditolak oleh beberapa publisher dengan alasan bahwa buku anak-anak kurang laku dan tidak akan mendatangkan uang. Lebih menginspirasi lagi karena saat ia memulai karirnya, ia baru saja bercerai dan menjadi seorang single mother.

6. Bill Gates

Co-founder dan juga chairman dari Microsoft ini dulunya pernah set up sebuah bisnis bernama Traf-o-Data. Konsepnya adalah teknologi untuk membaca data traffic flow. Perusahaan tersebut akhirnya bangkrut pada 1974. Namun, belajar dari pengalaman, ia membangun Microsoft yang sukses sampai sekarang.

Selain mereka , sejarah juga mencatat kegagalan-kegagalan tokoh besar dunia. Jadi, satu hal yang tidak pernah dilakukan oleh orang sukses adalah “menyerah”. Kegagalan bukanlah satu hal yang perlu ditakuti karena memang tidak pernah ada shortcut atau jalan pintas untuk sebuah keuksesan.

Tags: