Revenue XL Tumbuh 160% Berkat Pengembangan Talent

Selama empat tahun terakhir PT XL Axiata Tbk mencatatkan pertumbuhan yang luar biasa. Laba berhasil ditingkatkan dari 39% (tahun 2006) menjadi 53% pada tahun 2010. Sementara itu revenue tumbuh dari 6,2 Trilyun (2006) menjadi 16,2 Trilyun pada tahun 2010.

Pertumbuhan yang luar biasa itu tidak lepas dari keberhasilan dalam pengelolaan talent. Malah, menurut Martakhir Derita, VP Human Capital Development PT XL Axiata Tbk, kunci dari pertumbuhan XL yang cepat terletak pada pemilihan talent yang tepat.

“Peningkatan share price XL adalah salah satu yang tertinggi di Asia. Kuncinya adalah tepat memilih talent,” kata Deri pada kesempatan Konferensi Nasional Sumber Daya Manusia Indonesia 2011 hari Rabu 26 Oktober 2011 di Jakarta.

Menurut Deri, ada empat hal yang menjadi kunci sukses dalam proses talent management di XL. Keempat faktor itu adalah:

1. Komitmen dari Top Management,

2. Talent management termasuk dalam salah satu KPI CEO,

3. Adanya kebijakan job rotation, serta

4. Pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Deri menambahkan pertumbuhan bisnis biasanya didorong oleh 20% best people di dalam organisasi. Karena itu mengembangkan talent menjadi salah satu hal terpenting untuk mendukung bisnis.

(Kami juga sudah mempersiapkan video yang menampilkan Martakhir Derita bicara tentang talent management di XL. Tunggu di Portalhr.com).

Tags: ,