RED, 3 Hal Yang Benar-benar Penting Bagi Karyawan

Pekerja yang memiliki motivasi tinggi akan melakukan pekerjaannya dengan lebih baik. Dan sebagai atasan, mendorong dan memotivasi bawahan Anda penting untuk membuat mereka bekerja dengan performa yang lebih baik. Namun seringkali atasan tidak tahu harus mulai dari mana.

Menurut Rajeev Peshawaria, Anda bisa mulai dari 3 hal yang mendasari motivasi karyawan, yaitu RED (Role, Environment, Development). Benarkah setiap karyawan hanya peduli terhadap 3 hal tersebut?

Coba bayangkan Anda mendapat dua tawaran kerja. Dengan gaji sama di industri yang sama, keduanya perusahaan terkemuka. Bagaimana Anda menentukan pilihan? Faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan Anda? Rajeev menanyai ratusan eksekutif dan berbagai jawaban dari mereka pastilah jatuh dalam salah satu dari 3 kategori tersebut.

Masing-masing individu memiliki preferensi dan ekspektasi yang berbeda-beda tentang Role (peran), Environment (lingkungan), dan Development (pengembangan).

Ada yang suka tantangan, ada yang suka stabilitas, ada yang suka kerja di tempat tenang, ada yang betah bekerja di tempat yang ramai, dll. Untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi tiap karyawan – sehingga bisa dilakukan pendekatan yang efektif – sebagai atasan, Anda perlu terus bercakap-cakap dengan mereka secara kontinyu dan tangkap informasi mengenai preferensi dan aspirasi mereka. Saat Anda mengetahui apa yang menjadi motivasi karyawan, akan lebih mudah bagi Anda memotivasi mereka.

Menurut Rajeev jika memang perusahaan tidak mampu mengabulkan ekspektasi karyawan atas Role, Environment dan Development tersebut dalam pekerjaannya, maka akan lebih baik si karyawan tidak bekerja di sana.

Seringkali yang terjadi adalah karyawan merasa tidak puas dengan pekerjaannya, padahal sebenarnya memungkinkan untuk menghubungkan motivasi dasar mereka dengan pekerjaan. Hanya saja atasan mereka tidak berusaha mengetahui motivasi dasar tersebut.

Menurut Rajeev dalam bukunya “Too Many Bosses, Too Few Leaders” (2011) untuk mengetahui motivasi dasar karyawan tersebut sebenarnya tidak memerlukan banyak waktu dan energi. Yang penting tetap menjaga interaksi dan komunikasi sehari-hari dengan bawahan Anda dalam framework Role, Environment, Development.

Rajeev Peshawaria akan hadir sebagai salah satu pembicara ASTD-STADA Conference di Singapura tanggal 31 Oktober mendatang.

Tags: ,