Hasil Studi: Kecurangan Meningkatkan Kreativitas

Menjadi seseorang yang kreatif membutuhkan pemikiran yang out of the box. Hal ini tidaklah mudah dilakukan jika Anda masih terikat dengan aturan. Selama beberapa tahun, Francesca Gino  dari Harvard Business School’s telah mendalami mengenai ethical decision-making. Gini memfokuskan studinya kaitan antara menjadi kreatif dan tidak jujur. Hasilnya, diketahui bahwa kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Sedikit kecurangan dapat mengarahkan pada pemikiran yang lebih kreatif, menurut studi yang dilakukan Gino seperti yang dipublikasikan dalam Psychological Science. Gino beserta Scott Wiltermuth dari University of Southern California melakukan lima eksperimen yang berbeda terhadap kurang lebih 700 orang partisipan. Melalui eksperimen ini mereka ingin melihat performa partisipan dalam menyelesaikan beberapa tugas, seperti memainkan PC game mengenai permasalahan matematika dan logika. Selain itu, Gino dan Wiltermuth juga memberikan tes untuk mengukur tingkat berpikir kreatif mereka. Hasilnya, diketahui bahwa mereka yang melakukan kecurangan dalam memainkan permainan PC games menunjukkan angka yang lebih tinggi dalam tes berpikir kreatif.

Seperti yang diungkapkan Gino, “Berdasarkan penelitian yang kami lakukan, diketahui bahwa kemungkinan mengapa seseorang tidak jujur adalah karena dengan menjadi tidak jujur kita menjadi lebih kreatif.” Tidak hanya itu, kreativitas dapat membuat kita untuk menghasilkan kebenaran atas perilaku salah kita (tidak jujur, red) dan membuat kita untuk dapat berpikir tidak biasa.”

Bukan berarti kecurangan dan ketidakjujuran menjadi hal yang sah untuk dilakukan, namun peneliti menyarankan hal lain. Jika Anda sedang stuck dalam menghasilkan ide-ide yang out of the box, mungkin ada bisa jeda sebentar untuk bermain boardgame dengan rekan kerja Anda, dan cobalah untuk curang.

Baca juga: Hasil Studi: Karyawan Good Looking Bekerja Lebih Baik dan Lama

 

Tags: