Budaya Perusahaan Lebih Penting Daripada Strategi

Ada sebagian perusahaan yang fokus pada strategi terus-menerus sehingga lupa membangun budaya perusahaan. Penulis Rene Carayol dari Management Issues berargumen tentang betapa pentingnya budaya perusahaan, bahkan lebih penting daripada strategi.

Budaya meliputi psikologi, kegiatan dan kepercayaan dari sekelompok orang. Ada yang mendefinisikan budaya perusahaan secara sederhana yaitu “budaya adalah apa yang terjadi ketika sang CEO meninggalkan ruangan.” Definisi sederhana lain berbunyi “cara kami menyelesaikan pekerjaan di sini.”

Jadi budaya adalah tentang sikap orang-orang yang bekerja pada perusahaan. Hal terpenting tentang budaya adalah bahwa budayalah satu-satunya hal yang berkesinambungan di tengah banyak perbedaan dalam organisasi. Orang lain bisa menyontek strategi Anda, tetapi tidak ada yang bisa mengkopi budaya perusahaan Anda.

Perusahaan-perusahaan terbaik biasanya memiliki budaya yang kuat dan lebih kuat daripada seorang individu tertentu dalam perusahaan itu. Bila budaya perusahaan Anda kuat, dia menjadi semakin kuat karena mampu menginspirasi orang-orang dalam perusahaan untuk mengikutinya. Budaya menjadi sesuatu yang menghubungkan semua orang, apa pun departemennya. Bila para karyawan terlibat, maka strategi perusahaan pun seolah akan menjadi milik bersama.

Menurut Rene Carayol budaya adalah senjata terbesar, dia adalah bahan bakar yang mendorong seluruh bisnis ke depan. Sejak mempekerjakan karyawan baru ada baiknya perusahaan langsung mengetahui kualitas yang dicarinya. Rene menyarankan lebih mementingkan sikap (attitude) daripada skill. We hire for attitude, we train for skills, demikian pendapatnya.

Namun budaya tidak terjadi begitu saja. Adalah tanggung jawab para pemimpin untuk mengidentifikasikan visi dan budaya yang cocok untuk perusahaan, menghidupkan dan menjalankan budaya itu sendiri sehingga membantu implementasinya ke seluruh bagian dalam perusahaan. Seringkali budaya berasal langsung dari perilaku para pemimpinnya, dan adalah tanggung jawab merekalah untuk melibatkan dan menginspirasi seluruh organisasi.

Budaya yang kuat akan menjadi faktor pembeda perusahaan Anda pada masa sulit dan meningkatkan keunggulan kompetitif Anda. Tentu saja strategi penting tetapi strategi harus diikuti budaya yang kuat untuk mendapatkan keberhasilan jangka panjang. Untuk dapat bertahan lama perusahaan harus dapat menginspirasi setiap orang dalam organisasi dan memenangkan hati publik. Sejauh ini menurut Rene cara terbaik untuk meraih hal tersebut adalah melalui budaya.

Tags: ,