Buat Web Anda Menonjol dengan 5 Tips Ini

Setiap harinya 2,5 miliar orang log in ke internet. Jika Anda berkeinginan untuk mengembangkan bisnis, sudah saatnya melirik ke internet. Bagaimana pun juga, sistem online memungkinkan konsumen kita menjadi tak terbatas, berbeda dengan sistem offline.

Dengan semakin maraknya bisnis online, sebagai entrepreneur, apalagi yang baru memulai bisnis, sebaiknya kita mencari cara kreatif untuk menjadi menonjol dan lain daripada yang lain. Selain menarik pengunjung, website kita seharusnya juga dapat menggerakkan hati pembaca untuk memakai produk kita. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membuat website kita menonjol , seperti dikutip dari entrepreneur.com:

1. Jangan terlalu berlebihan membeberkan pencapaian

Jika kita membangun sebuah bisnis dan bisnis tersebut belum terkenal, maka ada sebuah godaan untuk melebih-lebihkan pencapaian kita. Padahal, pada kenyataannya, reputasi itu akan tumbuh dengan caranya sendiri yang unik. Jadi jangan sampai kita justru menghancurkan reputasi perusahaan dengan cara bercerita secara lebay.

Sebagai perusahaan baru, jika pencapaian kita masih terbatas, akan lebih baik apabila kita fokus pada membangun reputasi, bukan memanipulasi. Caranya adalah dengan membangun kesan baik dengan orang yang pertama kali kita ajak kerja sama. Kesan tersebut dapat kita bangun dengan mengerjakan tanggung jawab dengan sebaik mungkin sehingga orang tersebut akan mendapatkan kesan bahwa kita cukup kredibel. Orang pertama tersebut adalah kunci untuk mendapatkan orang kedua dan seterusnya.

Baca juga: Mencari Kerja lewat jejaring sosial

2. Buat website yang simpel dan kumpulkan daftar email

Anda memiliki 30 detik untuk membuat pengunjung situs Anda bertahan dan mau membaca. Oleh karena itu, buatlah agar website Anda terlihat simple dan bersih, dan bukan sesuatu yang rumit. Kita tidak harus mencantumkan aspek-aspek yang terlalu “wow” seperti widget yang aneh-aneh untuk menuntun pembaca. Fokuslah pada konten untuk membuat orang bersedia duduk dan membaca situs bisnis kita.

Selain pada konten, tentunya Anda perlu mengumpulkan email para pengunjung sebagai database. Karena dalam hal penawaran bisnis atau produk, biasanya email jauh lebih efektif daripada sosial media. Jadi buatlah sebuah sistem yang membuat pengunjung mendaftarkan dirinya, misalnya dengan menawarkan konten yang hanya bisa diunduh jika mereka mencantumkan email mereka.

3. Sisihkan lebih banyak waktu untuk memikirkan konten

Dengan perkembangan teknologi internet, semakin banyak fitur-fitur website yang mengesankan. Meskipun demikian, konten atau isi masih menjadi bagian penting dari sebuah website. Jangan membiasakan diri dengan membuat perintah “silakan telepon di sini untuk informasi…” tetapi buatlah pengunjung situs terngaga dengan penuturan Anda yang berkaitan dengan kepentingan pembaca.

Buatlah konten Anda sedemikian rupa hingga terlihat fresh dan actionable bagi target pembaca. Gunakan berbagai strategi untuk menggaet pengunjung misalnya dengan mengupload video, interview atau memberikan kolom untuk meninggalkan kesan bagi pengunjung.

4. Membangun relasi berbeda dengan menjadi ahli

Kemana pun Anda pergi, beberapa orang pintar atau motivator akan mengatakan bahwa kita harus menjadi expert atau ahli untuk mendapat kepercayaan orang. Masalahnya, orang memutuskan untuk memakai jasa kita atau membeli produk kita bukan karena kita ahli, tetapi karena mereka suka dan percaya. Dan hal ini tidak akan terjadi apabila kita menjaga jarak satu lengan dengan mendefinisikan diri kita sang ahli.

Seorang yang ahli sebetulnya justru tidak pernah mendeklarasikan bahwa dirinya ahli. Mereka disebut ahli karena perbuatan dan pembuktian yang telah mereka lakukan dari waktu ke waktu. Biarkan orang lain menilai kita ahli dari apa yang telah kita hasilkan, bukan hanya karena sekedar klaim.

5. Jangan cepat puas dengan strategi Anda

Belajar dari tren yang berkembang di industri SEO dan sosial media, maka rasanya tidak akan cukup jika kita hanya mengandalkan satu strategi saja untuk menarik pengunjung. Perubahan terjadi sangat cepat di dunia internet. Apa yang sedang trending hari ini, tidak selalu tetap trending keesokan harinya. Oleh karenanya, kita harus rajin meng-update pengetahuan dan strategi kita.

Setiap saat kita harus belajar dan mencoba strtegi baru. Hal ini penting karena apabila kita hanya bisa mengkopi strategi dari perusahaan sejenis yang menjadi pemimpin pasar, kita hanya akan merangkak naik tetapi tidak bisa menonjol (outstanding).

Baca juga: Perusahaan bisa ambil untung dari aktivitas karyawan di media sosial