Seandainya Kembali ke 20 Tahun Silam, Ini yang Dilakukan Bill Gates

bill gates

Bill Gates tahun 2014 sangatlah berbeda dengan Gates tahun 1994 atau 20 tahun lalu. Fokusnya ketika itu adalah membangun Microsoft menjadi sebuah perusahaan raksasa. Sekarang, ia memulai kembali pada peran utamanya setelah bertahun-tahun disibukkan dengan urusan filantropi.

Dalam sebuah kesempatan bernama “ask me anything”, sebuah sesi bill gatestanya jawab di Reddit, Gates ditanya mengenai apa yang ingin dia lakukan dan belum ia lakukan saat ini apabila ia memiliki kesempatan kembali ke umur dua puluh tahun. Berikut adalah pemaparan Gates:

Mengembangkan teknologi Machine Learning

Pertanyaan pertama adalah tentang apa yang akan dilakukan dua puluh tahun lalu, sebagai mahasiswa computer science, teknologi apa yang ingin ia fokuskan?

Bill Gates mengaku bahwa teknologi yang ingin ia fokus kembangkan adalah “machine learning” atau mesin yang bisa belajar dengan sendirinya. Teknologi tersebut adalah sejenis deep learning (pembelajaran mendalam) yang sedang banyak digunakan oleh para researcher dan dikembangkan oleh Microsoft.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, telah terjadi banyak kemajuan dalam hal teknologi video dan audio daripada yang pernah ditemukan sebelumnya. Hal ini membawa perubahan dari basic-learning machine yang mengandalkan alogaritma menjadi mesin yang bisa membaca dan mengerti sebuah buku.

Berderma lebih Awal

Filantropi bisa dikatakan sebagai profesi utama Gates saat ini. Meskipun masih juga mengurusi Microsoft, dua per tiga waktunya tetap ia curuhkan untuk mengelola yayasannya. Namun, sebelum sampai pada kegemaraannya berbakti sosial ini, ia sangat fokus untuk membangun bisnisnya.

David Hewlett, aktor dari seri televisi Stargate bertanya kepada Gates,

“Bagaimana cara menyeimbangkan antara bisnis dengan filantropi? Apakah kita harus menunggu sukses dulu untuk melakukan kegiatan filantropi?”

Pertanyaan tersebut kemudian dijawab Bill Gates dengan,

“Menciptakan sebuah perusahaan yang inovatif adalah kontribusi yang hebat untuk dunia. Di usia 20 atau tiga puluhan saya masih fokus ke situ. Idealnya orang bisa saja mulai mencampur filantropi dengan bisnis yang tengah mereka jalankan, seperti yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg pada awal karirnya. Saya cukup senang karena para entrepreneur Silicon Valley memiliki keinginan untuk berderma lebih awal dari apa yang saya lakukan.”

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar kantor

Ketika ditanya tentang apa yang berubah dari seorang Gates setelah 20 tahun, maka ia mengungkapkan bahwa usia telah mencuri beberapa moment indah hidupnya dalam arti yang positif. Dua puluh tahun silam, tanpa berpikir dua kali ia akan memilih berdiam diri di dalam ruang kantor sambil bekerja sehingga ia punya banyak tenaga untuk berkarya. Sekarang ia berharap bahwa ia menjadi sedikit lebih mellow dan bertambah bijaksana dari yang sebelumnya.

Photo Courtesy: Wikipedia

Tags: