Wirausahawan Belum Tentu Pemimpin Hebat

Seorang wirausahawan (entrepreneur) biasanya adalah seorang yang visioner. Mereka mampu melihat kesempatan, merancang solusi, dan melakukan inovasi-inovasi. Tetapi apakah mereka sudah pasti seorang pemimpin hebat?

Menurut Marla Tabaka yang ditulis di Inc.com, sebenarnya jarang seseorang memiliki sekaligus kemampuan seorang pengusaha dengan pemimpin hebat. Sang entrepreneur biasanya membangun kendaraannya, seorang pemimpin membangun jalan yang dilalui kendaraan tersebut. Jenis pemimpin yang juga pengusaha yang jarang itulah biasanya yang membuat perubahan di dunia ini. Tidak ada yang lebih dari keduanya, dunia membutuhkan visioner dan juga orang-orang yang pandai membangun dan mengeksekusikan visi.

Pengusaha yang bukan terlahir sebagai pemimpin alami tetap bisa sukses, tetapi mereka harus belajar melengkapi diri mereka dengan orang-orang yang tepat dan membangun kepemimpinan mereka sendiri. Berikut adalah beberapa tanda Anda bukanlah seorang pemimpin alami, namun jangan berkecil hati karena Anda bisa mengembangkan kepemimpinan Anda:

1. Anda memulai bisnis karena Anda tidak suka dikelilingi banyak orang

Pemimpin menarik dan mengembangkan orang lain untuk memimpin, sedangkan wirausahawan biasanya lebih nyaman menyelesaikan apa-apanya sendiri. Hal ini biasanya bisa berhasil untuk mereka yang solopreneur. Namun seorang wirausahawan yang sukses tidak akan sukses sendirian. Banyak wirausahawan yang introvert mampu berpartner dengan mereka yang suka tampil di publik. Perlu Anda ingat, Anda bebas memilih siapa yang cocok bekerjasama dengan Anda, akan lebih mudah bila Anda berada di sekeliling orang yang Anda hargai.

Baca juga: 4 Esensi Seorang Pemimpin yang Rendah Hati

2. Anda membuat janji yang tulus dan kemudian sulit memenuhinya

Pemimpin yang baik memenuhi janjinya, bukan hanya karena integritas mereka tinggi, tetapi karena mereka memiliki orang-orang yang bisa membantu mereka memenuhi janji tersebut. Sementara pengusaha biasanya merasa senang dengan kesempatan-kesempatan dan bisa jadi tidak mempertimbangkan waktu dan usaha yang diperlukan untuk memenuhi janji mereka. Mereka tidak selalu mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Pastikan Anda tidak berada dalam situasi ini dan pertimbangkan realitas Anda sebelum membuat janji.

3. Anda tidak merawat diri Anda dengan baik

Banyak pengusaha yang sibuk menjalankan bisnis melupakan perawatan dirinya sendiri. Pemimpin mengerti bahwa bila mereka sendiri tidak makan dan olahraga teratur, mereka tidak memberi contoh yang baik dan tidak dapat mempertahankan enerji untuk memimpin.

4. Anda lupa meluangkan waktu untuk keluarga dan teman

Pengusaha dengan kemampuan memimpin yang rendah juga cenderung membahayakan hubungan penting mereka. Selain karena kurangnya dukungan dari sekitar, hal ini juga karena ketidakmampuan mereka untuk hidup di saat ini. Seorang pemimpin yang kuat tidak hanya menghargai hubungan personal tetapi juga menempatkan fokus pada mengembangkan hubungan pada setiap tingkatan.

5. Anda tidak mengerti apa yang diinginkan karyawan Anda

Banyak pengusaha yang kebingungan dengan kurangnya motivasi para pegawainya. Ini biasanya terjadi karena pengusaha tidak tahu bagaimana cara menginspirasi karyawan dan mengakui usaha karyawan dengan cara yang bermakna. Seorang pemimpin mampu menginspirasi orang lain, mereka mampu menempatkan dirinya di tempat orang lain sehingga tahu apa yang memotivasi orang tersebut.

Baca juga: Pemimpin Bisnis Makin Dituntut Punya Kompetensi Entrepreneurship

Tags: , , ,