Tipe Manajer Yang Manakah Anda?

Ketika terdapat permasalahan manajer memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan atas permasalahan tersebut. Biasanya masalah yang dihadapi berkaitan dengan performa kerja karyawan. Terdapat beberapa tipe manajer dikaitkan dengan penyelesaian permasalahan. Berikut akan diberikan pemaparannya kepada Anda berdasarkan kutipan dari buku Schermerhorn.

1. Problem Avoiders

Mereka yang termasuk ke dalam tipe problem avoiders adalah mereka yang mengabaikan informasi yang berkaitan dengan performa kerja yang menurun atau peluang yang bisa diambil. Mereka yang termasuk dalam tipe ini biasanya cenderung pasif dalam mencari tahu informasi dan tidak ingin membuat keputusan dalam menangani permasalahan.

Baca juga: Hubungan dengan Manajer Pengaruhi “Engagement”

2. Problem Solvers

Mereka yang termasuk ke dalam tipe problem solvers adalah mereka yang akan membuat keputusan dan memecahkan permasalahan ketika situasi menuntut mereka untuk melakukannya. Mereka cukup reaktif dan memantau permasalahan ketika sudah berlalu. Mereka dapat menangani dengan baik permasalahan performa kerja namun kurang jeli dalam melihat peluang.

3. Problem Seekers

Terakhir, mereka yang termasuk ke dalam problem seekers. Problem seekers di sini bukan berarti mereka yang menjadi sumber masalahnya, namun mereka aktif dalam mencari informasi dan permasalahan untuk dipecahkan. Mereka biasanya proaktif dan visioner. Mereka mampu untuk mengantisipasi permasalahan performa kerja sekaligus jeli dalam melihat peluang. Mereka mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang didapatkannya. Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini biasanya dianggap sebagai ‘bukan manajer biasa.’

Baca juga: Manajer Lini Kurang Bekal Pelatihan

Tags: ,