Steve Jobs vs Jack Welch, Yang Manakah Anda?

220px-JackWelchApril2012

 

 

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam dunia professional ataupun lingkungan sosial, sosok seorang pemimpin yang hebat tidak mudah kita temui. Dan ketika kita bertemu mereka, pemimpin yang sama-sama hebat adakalanya memimpin dengan gaya kepemimpinan yang berlainan sama sekali.

Terdapat dua tipe dasar gaya kepemimpinan para pemimpin hebat menurut Inc.com. Yang pertama adalah tipe incremental atau pemimpin yang menyukai stabilitas dan berusaha mengoptimalkan yang sudah ada sehingga outcome perusahaan mengalami peningkatan. Sedangkan tipe kedua adalah tipe disruptive, yakni pemimpin yang suka melakukan perombakan system dan perubahan untuk mendongkrak performa organisasi.

Di antara banyak pemimpin hebat di dunia, diperkirakan 90 persen adalah tipe incremental. Mereka lebih memilih untuk membesarkan sesuatu yang sudah berbentuk dan diyakini benar, menjadi semakin bertumbuh dan bertambah besar. Tipe kepemimpinan seperti ini bisa kita lihat dari sosok Jack Welch, CEO General Electric dari tahun 1935 hingga 2001. Selama kepemimpinannya, nilai perusahaan (company value) bertumbuh sebesar 4000 persen.

Sepuluh persen dari pemimpin di dunia, bertipe disruptive. Pemimpin seperti ini tertantang untuk melakukan perubahan radikal, menciptakan sesuatu yang tidak awam, yang belum pernah ada sebelumnya. Mendiang Steve Jobs adalah salah satu contohnya. Mantan CEO dari Apple ini adalah seorang inventor yang banyak menyumbangkan ide untuk perkembangan perusahaan. Berkat kepemimpinannya, Apple berkembang menjadi perusahaan publik yang paling valuable di pasar capital di tahun 2011.

Lalu, termasuk dalam tipe kepemimpinan seperti apakah Anda?

Tidak ada yang salah atau yang lebih baik di antara dua tipe kepemimpinan tersebut. Keduanya bisa membawa kita menuju kesuksesan. Incremental dan disruptive adalah dua hal yang saling melengkapi. Disruptive membentuk format baru dan incremental membangun sebuah tim yang solid.

Apakah Anda suka membesarkan sebuah bentuk system atau metode yang sudah ada? Atau lebih menyukai perubahan dan melakukan inovasi? Keduanya benar, yang terpenting adalah kita mengenali karakter kita dalam memimpin dan mempelajari pendekatan seperti apa yang harus kita aplikasikan untuk menghadirkan kesuksesan di sebuah organisasi.

 

*) Foto diambil dari Wikipedia

 

Tags: , , ,