Sebarkan Virus Kepemimpinan, P&G Luncurkan CEO Academy

ceo academy2

CEO academy

Anda boleh mengambil apapun dari P&G dan kami akan tetap bertahan, kecuali jika Anda mengambil dua hal, people dan brand.

Begitu diungkapkan oleh salah seorang CEO dari perusahaan produsen kebutuhan rumah tangga dan perawatan personal terkemuka di dunia, Procter & Gamble (P&G). Bagi mereka people atau tenaga manusia adalah aset yang sangat penting untuk perkembangan perusahaan.

Sudah sejak lama P&G menyadari bahwa salah satu kualitas manusia ditentukan oleh kepemimpinan yang dimilikinya. Konsisten dengan pernyataan ini, Senin lalu (17/11), P&G meluncurkan salah satu program terbarunya bertajuk CEO Academy. CEO Academy merupakan program unggulan yang dipelopori P&G dengan konsep mengundang mahasiswa dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia untuk mengikuti kelas kepemimpinan yang diselenggarakan selama dua hari. Tujuan akhirnya tentunya adalah melahirkan generasi penerus yang mampu memimpin organisasi dan komunitasnya masing-masing.

Baca juga: Jadilah pemimpin yang sehat

Program perdana ini melibatkan 100 mahasiswa yang berasal dari tiga universitas unggulan di Indonesia, yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Prasetya Mulya. P&G melibatkan pihak kampus dalam proses seleksi.

ceo academy2

“Jadi waktu itu kita diminta mengumpulkan CV ke bagian career development center. Setelah itu kita menunggu pengumuman terpilih atau tidaknya,” ungkap Christan Daseo, salah satu peserta yang berasal dari Prasetya Mulya.

Masih dari keterangan Christan, dalam program tersebut ia dibebaskan untuk memilih dua dari empat kelas yang akan disampaikan. Keempat kelas yang digelar selama dua hari (17/18) ini akan membawakan empat tema antara lain strategy development, personal leadership, who what how (pengenalan brand dan bagaimana memasarkannya) dan yang terakhir adalah persuasive selling. Setelah memilih dua kelas, selama dua hari mereka akan mendapatkan pembekalan intensif dari mentor-mentor handal yang ahli dalam bidang masing-masing.

Keunikan dari acara ini dibandingkan dengan seminar-seminar lainnya adalah materi yang diberikan akan erat kaitannya dengan proses pelaksanaan bisnis di P&G. “Selama dua hari di program CEO Academy, mahasiswa yang telah terpilih akan merasakan pengalaman yang saya jalani sebagai karyawan,” demikian diungkapkan oleh Bert Wouters, President Director P&G Home Products Indonesia.

Mengenai materi, pihak perusahaan cukup percaya diri dengan apa yang dimiliki perusahaan saat ini. “Bakat dan Kepemimpinan merupakan nilai-nilai dan dasar dari keberhasilan dari P&G. Kami berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan”, ujar Nararya Soeprapto Director Corporate Communication PT P&G Home Products Indonesia.

Kepemimpinan memang bukan hal yang baru bagi perusahaan ini. Di tahun 2014, untuk ketiga kalinya P&G mendapatkan predikat sebagai “2014 Best Companies for Leaders” versi Chief Executive Magazine. Belum lama ini pun Hay Group, perusahaan manajemen konsultasi global, menobatkan P&G sebagai “20 Best Companies for Leadership 2014”.

Selain benefit berupa pelajaran dan pengetahuan tentang kepemimpinan, para peserta CEO Academy juga mendapatkan keuntungan lain yakni peluang magang di P&G. Dengan mengenal P&G lebih awal kesempatan mereka terbuka lebih lebar dari pada peserta di luar program ini. Meskipun demikian, pihak P&G mengaku akan tetap melakukan seleksi ketat dan hanya menerima peserta yang memang memiliki etos kerja sesuai dengan nilai dan budaya kerja yang dimiliki P&G. (*/@yunitew)

Baca juga: Jalan Pemimpin, Program Mentoring untuk ciptakan future leaders

Tags: , , ,