Prof George Kohlrieser: “Seorang Leader Harus Mampu Berikan Care dan Dare”

prof-george-kohlrieser

Isu kepemimpinan masih dianggap penting bagi pengembangan manajemen di organisasi-organisasi di Indonesia. Inilah yang menjadi alasan NuPMK Consulting berkolaborasi dengan IMD International Institute for Management Development menggelar executive sharing session dengan menghadirkan narasumber utama, Prof George Kohlrieser, di Jakarta, Senin (24/10).

prof-george-kohlrieser

Prof George Kohlrieser sendiri adalah tokoh yang telah membantu pengembangan ribuan global leaders dari berbagai negara di seluruh dunia. Prof George Kohlrieser adalah Professor Leadership and Organizational Behavior dan The Creator & Director Program High Performance Leadership pada Sekolah Bisnis terkemuka dunia, IMD International Institute for Management Development yang berpusat di Swiss.

Sesi yang fokus pada pengembangan kepemimpinan dan human capital (HC) dihadiri oleh 40 Top Leaders Indonesia dari berbagai korporasi, seperti dari TelkomGroup, Danone Indonesia, Trakindo Utama, Indofood Sukses Makmur, Pupuk Indonesia, Yokogawa Indonesia, Pupuk Kaltim, Garuda Indonesia, Manulife Indonesia, Standard Chartered, Jakarta Propertindo, Pembangunan Jaya Ancol dan dari perusahaan lainnya.

Pada acara yang diadakan di Financial Club Jakarta, Prof George Kohlrieser berbagi prinsip dan praktek kepemimpinan ‘secure base leader’, seperti yang dituliskannya pada buku “CARE to DARE.” Prof Kohlrieser dalam sharing-nya menitikberatkan bahwa seorang ‘Leader’ harus dapat memberikan ‘CARE’ kepada kelompoknya dalam wujud perhatian, dukungan, keamanan, dan kepercayaan.

Ia menambahkan, “Kemudian harus dibarengi dengan DARE, yakni memberikan kepada mereka tantangan, dorongan dan kesempatan untuk terus bertumbuh, terus berprestasi bagi meaningful legacy serta mengangkat seluruh potensi mereka bagi kemanfaatan bersama. Upaya ‘Dare to Care’ harus bermuara pada pemahaman kuat diri sebagai individu human being yang memiliki multi dimensi untuk kemudian diartikulasikan dalam memimpin people.”

Sebelumnya, pada pengantar sesi, Tini Moeis, Managing Director NuPMK Consulting menyampaikan bahwa pada dasarnya pemimpin adalah memimpin manusia bukan mesin. Leaders are leading people not machine, thus to be come great leaders, Ones are to have a good insight of peoplef or them to empower powerfully team’s potential, Spirit and capacity,” paparnya.

Di akhir acara, dilakukan pengundikan 3 buku ‘CARE to DAREkarya Prof Kohlrieser dan yang beruntung mendapatkan buku tersebut adalah, Judi Achmadi (President Director PT Telkomsigma), Isdar Marwan (Chief HR Officer PT Asuransi Jiwa Manulife), dan Agus Syamsudin (HC Director PT Danone Indonesia). (*)