Pemimpin Keren Melakukan 6 Hal ini

Banyak pemimpin yang dapat menginspirasi, namun hanya pemimpin yang kuat yang mampu mengarahkan seseorang untuk berbuat. Tidak hanya sekedar membuat seseorang berpikir, namun mampu mengarahkan performa mereka. Pemimpin seperti inilah yang menarik.

Meskipun banyak pemimpin yang menarik, namun untuk menjadi menarik bukanlah hal yang mudah. Ini lebih daripada sekedar membentuk suatu tim ataupun perusahaan. Ini juga lebih dari sekedar dapat menginspirasi banyak orang. Berikut akan dipaparkan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang menarik, seperti yang dikutip dari Inc.com:

1. Mereka menunjukkan kekuatan

Pemimpin harus mampu menunjukkan kekuatan mereka sebagai seorang pemimpin. Kelemahan biasanya datang dari karakter, namun seringkali datang dari kurangnya rasa percaya diri. Pemimpin yang menarik mampu mewujudkan dan berkomitmen atas apa yang ia sampaikan, sehingga mampu membangun rasa percaya. Kekuatan mereka cukup besar tidak hanya untuk dilihat tetapi juga untuk dipelajari.

2. Mereka menunjukkan empati

Banyak pemimpin yang mempergunakan gaya kepemimpinan yang otoriter. Namun pemimpin yang menarik biasanya tidak membutuhkan otoritas. Sebaliknya, mereka mempergunakan empati untuk mampu menginspirasi orang lain. Mereka mempelajari bagaimana cara menggerakkan orang lain dan apa yang mereka butuhkan, sehingga mereka mampu mengetahui bagaimana sebenarnya mereka. Mereka lebih memilih untuk berbagi daripada sekedar memberi tahu, mereka mampu untuk menarik minat orang lain dan kemudian memotivasi mereka untuk terlibat.

3. Mereka menginspirasi dengan visi

Pemimpin yang menarik mampu menyusun visi yang baik. Mereka mampu menggambarkan visi mereka dengan jelas, mempergunakan bahasa yang lugas dan mengaitkannya dengan emosi. Sehingga hal ini membuat apa yang ia maksud dapat ditangkap dengan jelas.

4. Mereka mendorong aksi

Pemimpin dinilai berdasarkan seberapa banyak tim mereka melakukan action. Sedangkan pemimpin yang menarik tidak hanya mampu menarik banyak anggota tim namun juga memilih untuk membentuk tim hanya dengan orang-orang proaktif yang mampu mengendalikan diri dan memiliki tujuan. Tim dengan pemimpin yang menarik menyelesaikan tugas mereka dengan cara yang menyenangkan dan kekeluargaan sehingga meningkatkan pengalaman dan kinerja mereka.

5. Mereka mendapatkan respect

Pemimpin yang menarik mendapatkan otoritas berdasarkan performa mereka dan relasi mereka dengan orang lain. Mereka dihormati oleh orang lain melalui tindakan dan koneksi mereka. Sehingga orang lain meyakini bahwa pemimpin ini layak didengar dan diikuti. Mereka mungkin tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang ditujukan pada mereka, namun mereka tahu bagaimana caranya untuk bergerak maju secara rendah hati.

6. Mereka menanamkan kepercayaan diri

Banyak pemimpin yang mampu mengarahkan namun tidak memberikan dukungan untuk mencapai tujuan. Pemimpin yang baik mampu memastikan bahwa semuanya sudah tersedia. Mereka memastikan bahwa setiap orang dalam tim mereka siap secara fisik dan mental agar tim mereka dapat survive saat menghadapi masalah. Suatu individu kepercayaan dirinya akan lebih meningkat ketika mereka memiliki pengetahuan dan hal lain yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan.

Tags: ,