Pemimpin Efektif Punya Kualitas Seperti Elang

kualitas eagle

Di dunia ini banyak pemimpin, banyak juga yang menyebut dirinya pemimpin. Tetapi menurut pengamatan Anand Pillai selama 28 tahun pengalamannya dalam studi kepemimpinan, hanya sebagian dari pemimpin itu yang benar-benar efektif. Ada juga orang-orang yang benar-benar efektif menyelesaikan pekerjaan, walaupun bukan seorang leader. Lalu bagaimana ciri-ciri seorang pemimpin yang efektif?

Pagi ini PortalHR berkesempatan diundang mengikuti webinar yang diselenggarakan STADA Singapore bersama dua pembicara tingkat internasional, Bill Treasurer dari Amerika dan Anand Pillai dari India. Bersama PortalHR hadir juga dalam seminar maya tersebut beberapa peserta dari Singapura dan Malaysia.

“Berdasarkan pengalaman saya banyak leader yang tidak get things done. Malah ada orang-orang lain yang sangat efektif yang bukan seorang leader. Karena itulah menurut saya leadership bukan posisi, tetapi tindakan,” ujar Anand Pillai,  Chief Learning Officer Reliance.

Dalam waktu 15 menit Anand memaparkan beberapa model seorang pemimpin efektif dan kemudian menyimpulkan bahwa seorang pemimpin efektif memiliki kualitas seperti burung elang. Kualitas tersebut adalah:

– Dauntless – Look at the Sun in the Eye

– Vision – See the target miles away

– Tenacious – Flies against the storm

– Nurturing – One by one, personally

– High Flier – Nested and flying in high places yet on earth

– Grip – Vice like grip

– Vitality – Full of life all its life

Sementara itu dalam acara yang sama Bill Treasurer dari Giant Leap Consulting Amerika memaparkan tentang open door leader. Seorang pemimpin, menurut Bill, harus terbuka dan membuka banyak pintu kesempatan kepada bawahannya. Termasuk dalam pintu kesempatan itu adalah kesempatan untuk membuat kesalahan.

Setelah dua sesi presentasi dari dua pembicara tersebut, tanya jawab pun dapat dilakukan oleh para peserta dari berbagai negara. Salah satu pertanyaan menarik adalah bagaimana mengukur efektivitas seorang pemimpin?

“Cara paling sederhana melihat efektivitas seorang pemimpin adalah dari produktivitas karyawannya,” pungkas Bill Treasurer. (*/@mei168)

Tags: ,