Pelajaran Berharga yang Didapat CEO LinkedIn

jeff weiner

jeff weiner

 

Pelajaran berharga apa yang didapat Jeff Weiner sebagai CEO LinkedIn? Weiner menjawab, “memecat anggota tim yang tidak lagi kompeten, meskipun ia adalah tim inti biasanya salah satu kesalahan yang dibuat seorang manager.”

Bukan suatu hal yang mudah untuk mengenali apakah salah seorang anggota tim masih cukup kompeten untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Weiner memberikan beberapa tips untuk mengetahuinya seperti yang dikutip dari Inc.com.

1. Jika Anda harus bertanya apakah seseorang kompeten ataukah tidak untuk mengerjakan tugas tersebut, maka Anda sudah mengetahui jawabannya. Sebagai seorang CEO ataupun owner, Anda memiliki tanggung jawab besar untuk mengetahui apakah karyawan Anda kompeten ataukah tidak untuk menjalankan tugas yang Anda berikan.

Terkadang Anda perlu mengakui kesalahan yang Anda buat, apakah pekerjaan tersebut “harus diselesaikan” dan ”tidak boleh menyerah.” Pantang menyerah mungkin sifat baik namun jika hal itu menjadi tidak baik ketika hal itu mencegah Anda untuk menyesuaikan diri.

2. Buatlah timetable. Jika Anda mengetahui bahwa terdapat permasalahan performa kerja pada karyawan inti, Anda harus memutuskan bagaimana bersikap. Jika pemecatan bukanlah hal yang tepat, maka Anda harus memberikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk meningkatkan performa kerja mereka.

Weiner menyatakan bahwa, “tidak ada suatu hal yang dapat menjawab pertanyaan ini. Ini semua bergantung kepada masing-masing individu dan situasi yang dihadapi. Bisa sampai satu bulan, tiga bulan, enam bulan atau bahkan satu tahun. Yakinlah bahwa Anda melakukan segala hal yang memungkinkan untuk membuat karyawan Anda berkembang.”

Anda dapat membantu karyawan Anda dengan menjelaskan timetable yang telah Anda susun dan matriks yang dipergunakan untuk melihat perkembangan karyawan. Anda juga sebaiknya menawarkan hal lain seperti coaching dan fleksibilitas struktural yang dibutuhkan karyawan untuk memenuhi harapan yang sudah Anda susun dalam timetable tersebut.

3. Hal terakhir yang dapat Anda lakukan yakni memecat mereka yang sudah tidak mampu menyelesaikan tugas mereka dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaliknya, Anda dapat meringankan peran mereka dengan melakukan transisi perubahan peran secara smooth.

Weiner kemudian menyebutkan sebuah nama yang ia ketahui, setelah ia membiarkan dirinya pergi dari perusahaannya lalu kemudian kembali beberapa bulan kemudian dan mengakui bahwa pergi dari perusahaan itu merupakan hal terbaik yang pernah ia jalani, baik secara professional maupun personal.

Kuncinya: Anda mungkin berpikir bahwa membiarkan seseorang pergi dari perusahaan Anda adalah hal yang kejam, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja lama untuk perusahaan Anda. CEO yang pernah melakukan hal itu akan berpikir sebaliknya. Dan karyawan yang mereka pecat mungkin akan setuju dengan hal tersebut.
Photo courtesy: WSJ

Tags: , ,