Miliki 5 Kebiasaan ini untuk Menjadi Pemimpin yang Sukses

Dalam berbagai textbook tentang kepemimpinan, seringkali diungkapkan bahwa tugas seorang pemimpin meliputi empat hal, yakni merencanakan (plan), mengkoordinasilkan (organize), memimpin (lead) dan melakukan kontrol (control). Dalam hal menajemen organisasi, keempat hal tersebut memang masih relevan, hanya saja belum cukup untuk membantu kita melecutkan kemampuan terbaik dan energi yang kita miliki. Bukan hanya energi bagi diri sendiri, tetapi juga energi bagi seluruh anggota tim.

Dalam sebuah ulasan pada laman inc.com, penulis dan pebisnis Peter Economy mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh pemimpin hebat yang sukses. Kelima kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Energize

Seorang pemimpin adalah motor yang menggerakkan organisasi, yang memungkinkan segala rencana bisa terwujud. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi seorang leader untuk melecutkan energi dan antusiasme dari setiap anggota tim. Seorang pemimpin yang hebat mampu menumbuhkan lebih banyak energi bagi para anggota timnya daripada jumlah energi yang ia konsumsi. Mereka menciptakan energi tersebut dengan cara menyediakan visi yang jelas dan menginspirasi dengan keteladanan yang ia lakukan.

Baca juga: Ingin berbicara layaknya pemimpin, ikuti langkah berikut

2. Memberdayakan (empower)

Memberdayakan karyawan dapat dilakukan dengan memberi mereka tanggung jawab dan otoritas untuk bertindak atau mengambil keputusan. Selain itu, pemimpin juga berperan dalam mendongkrak kekuatan yang dimiliki oleh anggota tim untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.  Dan ketika Anda memberikan keleluasan kepada anak buah, mereka dapat bereksperimen dan mengeluarkan kreativitasnya tanpa perlu merasa terbebani.

3. Support

Pemimpin adalah seorang coach atau pendamping dan pelatih, bukan pengawas atau mikro-manajer. Sudah menjadi tugas seorang pemimpin untuk mendorong anak buahnya melakukan hal-hal baru yang dapat membawa perusahaan menuju tujuan yang lebih jauh lagi dan berani mengambil risiko. Selain itu, reward juga dapat menjadi bentuk support bagi karyawan ketika mereka telah menghasilkan kinerja yang baik.

4. Komunikasi

Informasi merupakan kekuatan. Dan berkaitan dengan semakin meningkatnya kecepatan bisnis, maka informasi pun harus mengalir dengan sangat cepat di dalam organiasi. Dalam aktivitas sehari-hari, tekankah pada komunikasi yang intens daripada komunikasi yang kurang.

5. Pengakuan/apresiasi

Dalam kehidupan sehari-hari, Kita mendapatkan apa yang memang pantas kita dapatkan. Sama halnya ketika kita sedang berbicara tentang motivasi karyawan. Mereka akan merasa dihargai jika kinerja mereka diakui. Oleh karena itu, sebagai pemimpin yang baik, jangan ragu untuk memberikan reward atau bentuk penghargaan bagi para anggota tim, apapun bentuknya. Reward ini cukup manjur untuk menciptakan loyalitas dan keterlibatan (engagement) terhadap organisasi.

Baca juga: Anda pemimpin? Hindari jebakan kepemimpinan ini 

Tags: , ,