Memimpin Seperti Margaret Thatcher

margaret-thatcher_1725675c

Dua puluh tahun menjabat sebagai perdana menteri Inggris Raya, mendiang Margaret Thatcher tercatat sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut dan juga dengan masa jabatan paling lama. Perempuan bernama lengkap Margaret Hilda Thatcher tersebut dijuluki “Iron Lady” karena gaya kepemimpinannya. Ia adalah seorang pemimpin yang berkemauan keras dan berani mengutarakan pendapat.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari seorang Maggie Thatcher. Hcmag.com merumuskan empat hal yang dapat kita lakukan untuk dapat memimpin seperti Margaret Thatcher:

  1. 1. Bekerja Keras

Sebagai seorang anak tukang sayur, Maggie sangat mengerti bahwa kerja keras sangat diperlukan untuk mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Ia melihat kerja keras sebagai sebuah reward atau berkah selain hasil dari kerja keras tersebut. “Coba bayangkan hari dimana kamu merasa puas dengan hari tersebut. Bukanlah hari ketika kamu bisa bermalas-malasan seharian, tetapi ketika kamu bekerja keras untuk mengerjakan tugasmu dan kamu berhasil menyelesaikannya.”

 

Meskipun tidak dikenal sebagai seorang feminis, ia mengungkapkan bahwa perempuan cenderung lebih bisa bekerja keras dibandingkan laki-laki.

“Dalam politik, ketika kamu berharap suatu hal sekedar dikatakan, suruhlah laki-laki. Namun, jika kamu ingin suatu hal dikerjakan, mintalah kepada perempuan,” begitu ungkapnya.

  1. 2. Tidak tunduk pada konsensus

Perempuan tersebut dijuluki “Iron Lady” bukan tanpa alasan. Ia disebut sebagai “conviction politician” sebagai lawan kata dari “consensus politician”. Artinya, ia tidak tunduk pada kebenaran umum, atau sesuatu yang diakui benar oleh orang banyak tanpa ada bukti yang membenarkan hal tersebut.

 

Sekali waktu, ia pernah mengungkapkan, “Bagi saya, konsesus lebih terlihat seperti sebuah proses dimana kita mengesampingkan semua kepercayaan, prinsip, nilai dan kebijakan yang kita anut. Jadi konsesus adalah hal yang tidak semua orang percaya dan tak seorang pun keberatan”.

 

  1. 3. Jangan biarkan orang lain mendefinisikan kamu, definisikan diri sendiri

Seorang Maggie Thatcher dengan sendirinya mendefinisikan dirinya sebagai seorang perdana menteri Great Britain. Mungkin kita tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa sosok perempuan itu akan menduduki posisi tersebut. Namun, lepas dari bagaimana pendapat orang, Maggie telah membuktikan bahwa ia telah berhasil dan mau tidak mau kita harus percaya dengan kemampuannya.

 

  1. 4. Menetapkan pilihan fashion setegas keputusan yang dibuat

Maggie percaya diri dengan pilihan fashion yang ia pilih. Sebagai seorang perdana menteri, ia memakai setelan yang mencerminkan profesi tersebut, tegas dan berwibawa.

Photo Courtesy: telegraph.co.uk

 

Tags: , ,