Mark Zuckerberg, Pemimpin Ideal Generasi Milenial

Mark

Belum lama ini, pemilik Facebook, Mark Zuckerberg bersama istrinya mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan sebesar 99% dari saham Facebook miliknya untuk kemaslahatan sosial. Komitmen untuk menyumbangkan saham setara 45 juta USD tersebut didasarkan pada motivasi bahwa ia ingin menyediakan tempat hidup yang lebih baik bagi putranya. Mereka ingin berkontribusi sepanjang hidupnya untuk membuat kondisi sosial di bumi semakin membaik.

Mark

Keputusannya tersebut menegaskan bahwa Zuck memanglah pemimpin ideal generasi milenial. Dan donasi tersebut memiliki arti penting bahwa pada dasarnya ada hal yang lebih penting dari sekedar memupuk kemakmuran, yakni membantu sesama. Bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawab untuk membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik lagi untuk kita tinggali.

Baca juga: Sebuah Memo Internal Siratkan Rahasia Zuckerberg Mengelola Karyawan

Bagaimanapun juga, Zuck telah memberikan contoh yang sangat postif terhadap generasi muda. Namun, lepas dari aksi Zuck tersebut, generasi milenial memanglah generasi yang menomorsatukan filantrofi. Mereka menjadi saksi dari perkembangan teknologi yang begitu pesat dan perkembangan ini membantu generasi muda dalam membentuk nilai-nilai yang mereka anut dan juga prioritas dari anak muda zaman sekarang. Kesadaran akan penggunaan teknologi mendorong pula kesadaran untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Baca juga: Optimalkan Kinerja Generasi Milenial dengan 7 Strategi Ini

Generasi milenial memang dekat dengan fenomena aksi-aksi sosial. Meurut sebuah sumber, 80% generasi milenial memilih untuk mengabdi pada masyarakat dan 84% mengaku melakukan donasi untuk kegiatan kesukarelawanan. Lebih lanjut, ketika ditanya tentang kontribusi terhadap masyarakat, pelajar SMA mengaku bahwa mereka ingin berkontribusi kepada masyarakat, mahasiswa baru (freshman) berniat untuk membantu sesama dan tujuh dari sepuluh kaum dewasa muda mengaku telah menjadi aktivis sosial. (*)