Manager adalah Wajah bagi Perusahaan

Manager harus bisa menjadi wajah bagi perusahaan untuk menarik perhatian para talent. Tahukah Anda? Bahwa satu dari lima talent memiliki kecenderungan untuk menolak suatu tawaran pekerjaan jika manager mereka memiliki reputasi yang buruk. Hal ini diungkapkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh HR Services group, Penna.

Survey yang dilakukan kepada 2.000 pekerja ini juga menemukan bahwa mereka yang tidak di-manage dengan baik, cenderung akan meninggalkan pekerjaan mereka dibandingkan membahasnya dengan orang HR. Satu dari tujuh orang responden menyatakan bahwa mereka akan izin untuk tidak masuk karena sakit jika harus bertemu dengan manager mereka. Seperempat dari responden juga mengakui bahwa manager mereka membuat mereka sulit tidur, dan 21%nya menyatakan mereka kerap kali sedih ataupun menangis di tempat kerja.

 

Baca juga: 2030: Posisi Middle Manager akan menghilang

“Organisasi perlu menyadari bahwa tim manajemen mereka merupakan salah satu bagian dari employer brand. Jika tim manajemen tidak mampu me-manage dengan baik maka hal itu akan berdampak serius pada kemampuan mereka untuk menarik dan mempertahankan talent,” ungkap Penny de Valk, selaku Managing Director Penna Talent Practice.

Meskipun hasil survey menunjukkan betapa buruknya dampak yang diterima dari manager yang tidak baik, namun sebanyak 17% respoden menyatakan bahwa mereka belajar lebih banyak saat menghadapi manager mereka yang buruk. Temuan lain juga menunjukkan bahwa memiliki manager yang baik dapat membuat pekerja yakin bahwa mereka bisa mencapai tujuan yang lebih tinggi (27%) dan dapat menginspirasi mereka untuk mengembangkan karir mereka (25%).

Satu dari lima responden menyatakan bahwa memiliki manager yang baik dapat membantu mereka untuk melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda dan membantu mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri.

“Semakin baik reputasi dan kapabilitas seorang manager untuk memimpin dan mengembangkan tim mereka, maka semakin banyak talent berbakat yang akan datang dan bertahan dengan mereka. Kenyataannya manager harus bisa menjadi wajah bagi perusahaan, karena hal ini sangat penting jika organisasi ingin menarik dan mempertahankan talent yang terbaik. Organisasi harus mampu melihat bahwa manager adalah sumber keuntungan yang tidak mereka sadari dalam perang talent yang akan semakin menantang di tahun 2015 ini,” ungkap Penny de Valk.

Baca juga: Pegangan HR untuk para line manager

Tags: