Jalan Pemimpin, Program Mentoring untuk Ciptakan Future Leaders

jalan pemimpin

jalan pemimpin

Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu melahirkan pemimpin lainnya. Semangat tersebut mendasari GE, Nutrifood dan Tempo untuk meluncurkan program Jalan Pemimpin, hari Senin lalu (10/11/2014).

Konsep program ini adalah pemberian mentoring selama satu tahun bagi sembilan belas anak muda Indonesia yang saat ini sedang mengembangkan komunitas di masyarakat. Selama satu tahun tersebut, mereka akan mendapatkan bimbingan dan feedback langsung dari para praktisi senior yang sudah berpengalaman di bidang yang relevan dengan komunitas yang mereka tekuni.

Tujuan dari program tersebut adalah menjaring 19 pemuda dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengembangkan program di komunitasnya dengan harapan bahwa ke depannya mereka menjadi sosok pemimpin yang mampu berkontribusi bagi Indonesia. Pendaftaran yang dibuka sejak April hingga Mei 2014 itu diikuti oleh sebanyak 300 aplikan yang kemudian diseleksi lagi melalui proses wawancara.

Baca juga: Wirausahawan Belum tentu pemimpin hebat

“Dari 300 CV yang masuk kita melakukan seleksi lagi dengan wawancara, lalu kita pilih 19 orang yang memang sesuai kriteria yang kita inginkan. Kita memilih program-program komunitas yang memberikan dampak positif maupun manfaat, tak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga orang lain dan masyarakat luas,” ungkap Yosea Kurnianto, Ketua Tim Pelaksana Program Jalan Pemimpin.

Setelah proses seleksi, terpilihlah 19 ide kreatif dan inspiratif yang digagas oleh peserta-peserta tersebut. Misalnya saja peserta asal Lampung, Alan Rahmadi, ia bersama komunitasnya bertekad untuk melestarikan bahasa dan aksara Lampung. Ada juga peserta dari Papua yang muncul dengan program “Buku untuk Papua”. Ide-ide kreatif lainnya misalnya komunitas pembuat robot, festival musik punk dan ide-ide lainnya.

Program ini sangat menarik karena para calon pemimpin Indonesia tersebut akan dipertemukan dengan 19 tokoh berpengaruh dan telah menjadi pemimpin hebat di perusahaan atau organisasi mereka masing-masing. Mereka pun muncul dari berbagai kalangan, mulai dari bidang bisnis komersial hingga professional di bidang kedokteran dan motivator. Beberapa di antara mereka adalah Presiden Direktur GE Indonesia Handry Satriago, Direktur Bank Mandiri, Budi Sadikin, Direktur HR Indofood Josef Bataona, Rene Suhardono penulis, Nova Riyanti Yusuf, anggota DPR dan masih banyak tokoh lainnya.

“Pengalaman merupakan hal terpenting bagi pengembangan diri. Jalan Pemimpin akan memberikan pengalaman belajar yang berharga, baik untuk para calon pemimpin (metees) dan para pemimpin masa kini (mentors),” ujar Arif Zulkifli, Chief Editor Tempo.

Kegiatan saling menularkan pengalaman selama satu tahun tersebut kemudian akan direkam dalam bentuk buku yang akan diluncurkan setelah program berakhir. Tujuannya adalah si pembaca, masyarakat luas, akan terinspirasi dan tergerak hatinya untuk berkontribusi positif bagi sekitarnya. (*/@yunitew)

Baca juga: Cara pemimpin hebat berargumen

Tags: ,