Jadilah Pemimpin yang Sehat

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin di perusahaan tempat Anda bekerja, maka pastikan bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat. Dibandingkan seseorang yang terlihat pintar, perusahaan lebih mencari calon pemimpin yang lebih terlihat sehat. Hal ini dikemukakan dalam jurnal Fronties in Human Neuroscience.

Dalam studi ini, peneliti melihat hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin, seperti kesehatan, kecerdasan dan daya tarik, dan bagaimana hal ini dapat terlihat dari penampakan fisiknya. Brian Spisak, selaku pemimpin penelitian ini, menyatakan bahwa mereka menemukan bahwa kebanyakan responden lebih memilih pemimpin yang terlihat sehat.

Hal tersebut menjelaskan mengapa politisi dan para eksekutif biasanya memberikan usaha, waktu dan uang lebih atas penampilan mereka. Menurut Spisak, “Jika Anda ingin dipilih unuk menjadi seorang pemimpin, terlihat cerdas biasanya hanya berguna pada situasi tertentu. Sebaliknya terlihat sehat akan lebih penting dan lebih berguna pada situasi apapun.”

Baca juga: Tetap Sehat Saat di Kantor

Dalam penelitian ini, peneliti meminta 148 orang pria dan wanita untuk membayangkan bahwa mereka akan memilih seorang CEO bagi perusahaan, dan meminta mereka untuk memilih salah satu dari kedua foto pria yang menjadi kandidatnya. Pada setiap kandidatnya, partisipan diberikan penjelasan mengenai tantangan dari setiap CEO-nya, seperti untuk mengarahkan perusahaan pada persaingan yang lebih agresif, melakukan negoisasi ulang untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, memimpin perusahaan kea rah yang lebih baik, dan sebagainya.

Foto kedua kandidat CEO sebenarnya adalah dua foto dari satu orang yang sama. Namun foto tersebut diedit sedemikian rupa agar terlihat salah satunya lebih cerdas atau kurang cerdas dan lebih sehat atau kurang sehat dari yang lainnya. Selain itu, peneliti juga meminta partisipan untuk membuat rating atas setiap foto mengenai kesehatan, kecerdasan, maskulinitas dan daya tarik, untuk melihat mana yang terlihat lebih sehat dan cerdas dan sebaliknya.

Dalam penelitian ini,  peneliti menemukan bahwa responden lebih memilih foto kandidat CEO yang terlihat sehat dibandingkan yang terlihat cerdas. Hal ini terlihat dari foto yang dipilih oleh responden. Peneliti juga menemukan bahwa kandidat yang terlihat cerdas hanya dibutuhkan pada situasi yang membutuh diplomasi dan pertemuan antar CEO.

Jadi, jika Anda berminta untuk menempati posisi pemimpin di perusahaan Anda, Anda bisa mulai merubah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang lebih sehat.

Baca juga: Alasan Mengapa HR Harus Memperhatikan Kesehatan Karyawan 

Tags: ,