Jadilah Pemimpin yang Penuh Strategi

A Strategic leader has to maintain strategic control (Schermerhorn, 2010).

Apa yang dimaksud dengan pemimpin yang penuh strategi? Seorang pemimpin yang penuh strategi berarti mampu untuk menginspirasi orang lain untuk terlibat dalam proses perubahan menjadi yang lebih baik dan meningkatkan performa kerja mereka. Namun masih ada yang lebih penting dibandingkan kedua hal itu. Pemimpin yang penuh strategi mampu untuk mengembangkan strategi yang sudah dibuat dan mengimplementasikannya.

Hal ini bermakna bahwa CEO dan para top manager harus tetap memperhatikan strategi yang sudah dibuat. Sudah seberapa jauh strategi tersebut berjalan, apakah strategi yang dijalankan sudah berjalan dengan baik ataukah stuck di situ-situ saja dan kapan strategi tersebut sudah tidak efektif dan membutuhkan strategi baru.

Baca juga: Bagaimana Seorang Pemimpin Membangun Trust

Michael Porter, seorang ahli di bidang manajemen, mengungkapkan beberapa  hal yang diperlukan oleh seorang pemimpin yang penuh strategi. Berikut pemaparannya:

Pemimpin yang penuh strategi harus mampu menjadi the guardian of trade-offs

Ini merupakan tugas pemimpin untuk memastikan bahwa sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan mampu mensupport strategi yang sudah dirancang. Ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi untuk tetap menghasilkan ide-ide kreatif meskipun resource yang dimiliki kurang ataupun tidak ada. Sehingga tujuan yang sudah disusun tetap tercapai pada saat yang sudah ditetapkan.

Pemimpin yang penuh strategi perlu untuk membuat sense of urgency

Mengapa hal ini menjadi penting untuk dilakukan, karena seorang pemimpin harus mampu mendorong karyawannya untuk tetap menampilkan performa yang terbaik dalam mencapai tujuan. Pemimpin tidak bisa membiarkan perusahaan yang karyawannya bekerja dengan lambat dan cepat berpuas diri. Bahkan meskipun rencana berjalan dengan mulus, seorang pemimpin harus tetap fokus untuk melakukannya lebih baik lagi dan peka terhadap kondisi yang dapat berubah-ubah dan kemudian menyebabkan strategi yang sudah disusun juga menjadi berubah.

Pemimpin yang penuh strategi perlu untuk membuat orang lain paham dengan strategi yang dibuat

Percuma saja jika strategi yang telah disusun hanya diketahui dan dipahami oleh CEO dan top manager. Karyawan perlu mengetahui apa tujuan dan strategi yang dirancang oleh para pemimpinnya. Hal ini kemudian membuat mereka merasa keberadaan mereka memang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Pemimpin yang penuh strategi mampu untuk menjadi seorang guru

Ini merupakan salah satu tugas penting sebagai seorang pemimpin. Pemimpin harus mampu mengajarkan strategi yang disusunnya kepada karyawannya. Berarti, pemimpin yang penuh strategi haruslah seorang komunikator yang baik. Setiap orang dalam perusahaan harus memahami strategi apa yang dijalankan perusahaan dalam mencapai tujuan. Hal inilah kemudian yang akan membedakan perusahaan yang satu dan perusahaan yang lainnya. (*/@aindahf)

Baca juga: 4 Esensi Seorang Pemimpin yang Rendah Hati

Tags: ,