Inilah 3 Kata Kunci Inovasi Founder Google

larry-page

Larry Page dikenal karena kiprah yang dilakoninya sebagai co-founder dari sebuah perusahaan teknologi raksasa, Google. Google sendiri adalah temuan yang mampu mengubah hidup banyak orang secara signifikan. Tak puas dengan capaian tersebut, bersama pendiri Google lainnya, Sergey Brin, mereka menginvestasikan waktunya untuk menciptakan produk lain seperti Google Map, sistem operasi Android dan juga Youtube.

larry-page

(Image credit: img.zeit.de)

Bahkan, belum lama ini Page melalui media internal Alphabet, institusi konglomerasi yang menaungi Google, menceritakan bahwa kini Google tengah menyiapkan produk baru. Sebuah mobil yang memudahkan pengemudinya karena menggunakan sistem auto-driving.

Pernahkah kalian berpikir tentang bahan bakar apa yang digunakan petinggi Google untuk melakukan inovasi tanpa henti? Seperti dilansir dari inc.com, Larry Page menjelaskan bahwa kuncinya ada pada tiga kata, yakni,

“Train and delegate” atau mengajarkan dan mendelegasikan.

Kekuatan dari Training and Delegate

Jika Anda pernah memimpin sebuah tim, satu hal yang paling dasar yang Anda lakukan adalah membagi-bagi tugas dan mendelegasikan kepada orang yang tepat.

Pada keyataannya, masih banyak pemimpin yang kesulitan melakukan hal ini. Alasannya pun beragam, seperti,

  • Sangat menyukai tugasnya hingga tidak rela menyerahkan kepada orang lain,
  • Anda tidak percaya pada orang lain,
  • Anda tidak ada waktu untuk mengajari orang lain,
  • Anda tidak rela jika orang lain yang akan mendapatkan penghargaan dan
  • Anda juga takut kehilangan kontrol atas divisi Anda.

Alasan tersebut mempengaruhi emosi sehingga sulit bagi kita untuk mengambil keputusan yang tepat.  Namun, mencontoh dari apa yang dilakukan Larry Page, emosi negatif tersebut harusnya bisa kita singkirkan.

Page memberikan jabatan CEO kepada beberapa orang yang dipercayainya. Google ia percayakan kepada Sundar Pichai, Waymo produsen mobil auto-driving kepada John Crafcik dan unit perusahaan lainnya, Nest, kepada Marwan Fawaz. Dan Page sangat bangga kepada para CEO tersebut. Ia pun mengaku bahwa dengan mendelegasikan posisi sebagai CEO, ia dan eksekutif lainnya dapat lebih fokus menjalankan misi yang lebih besar untuk Google.

“Saya dan Sergey lebih bisa fokus pada pengembangan Google karena peluang untuk berinovasi masih sangat terbuka. Dengan begitu kami pun dapat memastikan bahwa proyek-proyek dari unit-unit kami dapat terealisasi,” ungkap Page.

Seorang pemimpin sejati paham akan pentingnya mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang tepat. Dengan begitu, mereka bisa lebih fokus pada urusan yang lebih penting dan berdampak besar sehingga pekerjaan yang dapat diselesaikan juga lebih banyak.

Selain itu, training atau pengajaran yang kita sampaikan kepada mereka juga dapat menjadi ajang untuk menularkan kepercayaan diri kepada mereka. Ketika seseorang telah mendapatkan petunjuk dan kepercayaan dari Anda, mereka akan mengerjakan tugas yang Anda berikan dengan bersungguh-sungguh dan mengerahkan semua potensi yang ia miliki. (*)