6 Jam Seminggu, Luangkan Waktu Bersama Bos Anda

Jika ditanya seberapa banyak waktu yang perlu Anda habiskan bersama bos Anda untuk meraih kepuasan kerja, setiap orang mungkin membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Seorang karyawan yang memandang bos mereka sebagai mentor akan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak bersama bossnya. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Leadership IQ, waktu ideal yang perlu Anda habiskan setiap minggunya adalah enam jam per minggu.

Studi ini dilakukan terhadap 32.410 manager di Amerika dan Kanada. Melalui survey ini partisipan diberikan pertanyaan terkait seberapa banyak waktu yang mereka habiskan bersama bos mereka, bagaimana interaksi mereka dan pertanyaan umum mengenai perasaan mereka saat bekerja. Leadership IQ menemukan hubungan antara waktu yang dihabiskan dengan manager dengan tingginya tingkat inspirasi, keterikatan, inovasi dan motivasi instrinsik.

Secara spesifik ditemukan bahwa mereka yang setidaknya menghabiskan waktu selama enam jam setiap minggunya berinteraksi dengan bos mereka, lebih mendapatkan banyak inspirasi untuk bekerja lebih baik, lebih merasa bahwa perusahaan tempat mereka bekerja adalah tempat yang ideal bagi mereka, lebih menghasilkan ide-ide kreatif setiap minggunya dan bahkan lebih tertarik pada pekerjaan yang mereka lakukan, meskipun mereka tidak menyukai boss mereka.

Baca juga: Bos Lebih Stres Ketimbang Karyawan

Interaksi yang dilakukan selama enam jam per minggu yang dimaksud yakni secara langsung atau face-to-face. Hal ini menjadi penting untuk meningkatkan performa kerja karyawan. Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan waktu berkualitas Anda dengan boss Anda? The Muse Daily memberikan beberapa tipsnya bagi Anda.

– Sarankan waktu untuk bertemu secara berkala. Bisa sekali sehari, atau sekali seminggu, bergantung pada peran Anda dalam perusahaan. Pertemuan berkala ini bisa saja hanya sekedar memberitahukan progress proyek yang Anda kerjakan atau menanyakan hal yang belum Anda pahami.

– Mintalah boss Anda untuk membuat performance review setiap bulannya. Mungkin ini akan membebani Anda, namun ini adalah salah satu cara untuk Anda memiliki waktu untuk berbincang dengan bos Anda. Dengan mendiskusikan review perbulan ini Anda bisa berbincang membahas tentang performa Anda, meminta saran, masukan ataupun feedback bagi performa Anda agar lebih baik lagi.

– Undanglah bos Anda untuk datang pada networking event. Selama Anda bersama, Anda bisa saling berbincang entah itu membicarakan urusan kantor ataupun hobi Anda. Tanpa Anda sadari pun Anda memiliki waktu berkualitas dengan bos Anda.

Baca juga: 6 Sinyal Bos Tidak Menyukai Kita

Tags: ,