5 Kualitas yang Dibutuhkan Seorang Pemimpin

business-1219868_640

Menjadi seorang CEO dari perusahaan yang sedang berkembangan merupakan pencapaian yang besar. Semua orang menginginkan hal tersebut. Namun apakah Anda memiliki kualitas yang dibutuhkan oleh seorang CEO? Salah satu website Q&A, Quora, mempertanyakan hal tersebut. Jawaban yang muncul pun berbagai macam, namun The Muse telah merangkumnya untuk Anda.

business-1219868_640

(Image:Pixabay)

1. Daya tahan

Salah satu skill penting yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kemampuan untuk bertahan dan beradaptasi dengan keadaan di organisasi. “Airbnb membutuhkan 1.000 hari untuk membuat bisnisnya terus berjalan. Bayangkan jika mereka menyerah pada hari ke 999? Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang selalu mencari cara untuk tetap bertahan meskipun segalanya terlihat tidak mungkin,” tulis Robert Scoble, peneliti mengenai startups.

Baca juga: HR Harus Inovatif Kembangkan Kualitas Kepemimpinan

2. Integritas

“Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu bertahan. Meskipun sangat sulit untuk melakukannya disaat semua orang melakukan kesalahan dan ia menunjukkan kebenaran,” ungkap Mark Suster, salah satu penulis di Inc.

3. Memiliki passion tertentu

Semua orang tahu bahwa posisi pemimpin bukan ditujukan pada mereka yang hobi malas-malasan. Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda perlu untuk memberikan segenap jiwa dan raga Anda, mendedikasikan diri Anda untuk melakukannya dengan sepenuh hati. Beda dengan mereka yang workaholic, mereka cenderung mengerjakan apa saja yang dianggap bisa dikerjakan. Sedangkan pemimpin yang sejati hanya akan melakukan satu hal, dan memberikan usaha yang maksimal dalam menyelesaikannya.

Baca juga: 7 Kualitas Pemimpin

4. Kreativitas

Berpikir kreatif dan memberikan solusi yang tepat merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Kreatifitas akan membuat pemimpin mampu mengambil keputusan dengan berbagai macam pertimbangan dan solutif dalam memberikan saran.

5. Keahlian komunikasi

Tugas utama seorang pemimpin adalah, mengambil keputusan dan meyakinkan orang lain bahwa keputusan yang diambilnya tepat. Selain itu kemampuan persuasif, menjadi guru bagi para bawahannya atau mampu untuk bercakap-cakap dengan siapa saja, juga dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin. “Seorang pemimpin akan menghadapi konflik yang terjadi pada organisasinya. Apa yang diinginkan pelanggan ternyata tidak diinginkan oleh para investor. Pemimpin yang baik tidak hanya mampu untuk meyakinkan orang lain namun juga bisa merubah pendapat orang lain,” tulis Scoble. (*)

 

Tags: ,