5 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan Seorang Pemimpin

pemimpin

Sebagai seorang pemimpin pernahkah Anda mengeluhkan hari Anda pada bawahan Anda? Jika pernah, mulai saat ini Anda perlu menghindari hal tersebut. Mengapa? Karena pernyataan-pernyataan tertentu seorang pemimpin akan membuat dirinya kehilangan kepercayaan diri di mata bawahannya.

pemimpin

Lalu, pernyataan-pernyataan apa yang harus dihindari? Simak pemaparannya berikut ini.

1. “Saya tidak memiliki rencana.”

Seorang pemimpin tidak pernah menyatakan pada orang lain bahwa ia tidak memiliki rencana sama sekali. Karena nyatanya selalu ada rencana dan jalan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mungkin Anda menyatakan hal tersebut karena Anda merasa tidak yakin dengan rencana yang Anda buat. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda menyimpan pernyataan tersebut dalam hati Anda saja.

Baca juga: Cara Pemimpin Hebat Berargumen

2. “Saya tidak yakin dengan hal tersebut.”

Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang membangun rasa percaya diri bawahannya. Seorang pemimpin adalah sosok yang selalu positif dan antusias dengan apa yang dihadapi di depan. Sekalipun Anda tidak yakin, namun Anda tetap harus yakin bahwa apa yang Anda pilih ataupun lakukan adalah hal yang tepat.

3. “Saya banyak pikiran.”

Membiarkan orang lain tahu bahwa Anda banyak pikiran tidak membuat pikiran Anda menjadi lebih lengang. Menyampaikan pada mentor ataupun penasihat Anda bahwa Anda sedang banyak pikiran mungkin adalah hal yang wajar. Namun tidak dengan memberitahukan pada bawahan Anda. Mereka yang Anda pimpin menganggap bahwa Anda adalah orang yang tenang, yakin dengan keputusan yang diambil dan percaya diri.

Baca juga: Pemimpin Yang Baik Adalah Pendengar Yang-Baik

4. “Keuangan sedang bermasalah.”

Permasalahan tentang keuangan memang isu yang cukup sensitif bagi para pekerja. Terutama bagi perusahaan start-up ataupun para pelaku wirausaha. Jika memang sedang ada permasalahan, alangkah lebih baiknya jika hal itu Anda simpan sendiri. Memberitahukan masalah yang dihadapi perusahaan mungkin memang kewajiban Anda. Namun isu tentang keuangan bisa membuat para pekerja stress dan bertanya-tanya apakah perusahaan akan tetap berjalan ataukah tidak.

5. “Mood saya sedang tidak enak.”

Hal ini mungkin cukup dibagi dengan teman dekat ataupun orang lain di luar kantor Anda. Namun tidak dengan bawahan Anda. Hal tersebut akan menghilangkan kepercayaan diri Anda dan kepercayaan mereka pada Anda. Hal ini disebabkan karena para pekerja tidak ingin untuk dipimpin oleh orang yang moody dan tidak dapat terprediksi. Yakinlah bahwa setiap hari adalah hari yang baik dan memiliki alasan yang tepat untuk bekerja. (*)

Tags: , , , , , ,