3 Hal Penting Bagi Pemimpin di Leading Across Generation

millenials gen

DUNIA kerja saat ini ini sungguh beragam Pertama kalinya dalam sejarah, dunia kerja saat ini dihadapkan dengan empat generasi yang berbeda. Mulai dari generasi Traditionalist, Baby Boomers, Generasi X dan Millenials. Setiap generasi yang berbeda ini memiliki perspektif, gaya bekerja dan ekspetasi yang berbeda-beda dalam pekerjaan.


“Perbedaan-perbedaan mulai dari cara pandang hingga harapan dalam pekerjaan dari tiap-tiap generasi memiliki potensi yang menyebabkan terjadinya kesalahpahaman, adanya sterotip dan terjadi konflik. Cara kerja kita di masa lalu sudah tidak bisa diterapkan lagi bila harus berhadapan dengan ke-empat generasi ini secara bersamaan,” kata Tommy Sudjarwadi, Partner Dunamis Organization Services.

Tommy pun menyebutkan setiap pemimpin tahu bahwa mereka harus dapat mengatasi setiap konflik yang terjadi agar tetap fokus dalam pekerjaannya. “Namun seringkali kita tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut,” imbuhnya.

Ia pun menambahkan bahwa seorang pemimpin yang mediocre akan berkata bahwa ia mengetahui adanya perbedaan dari setiap generasi namun hal tersebut tidaklah terlalu mempengaruhi pekerjaan mereka. “Padahal, mind set dari seorang great leader adalah bagaimana memahami sekaligus me-leverage perbedaan-perbedaan dari tiap generasi sehingga mampu memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki oleh tiap-tiap individu,” ujarnya.

Untuk membantu para pemimpin mengatasi perbedaan setiap generasi sekaligus mampu me-leverage potensi yang dimilili, FranklinCovey meluncurkan satu program baru yaitu Leading Across Generation. Program Leading Across Generation memberikan pemahaman yang mendalam bagaimana memahami perbedaan antar generasi.

“Melalui program Leading Across Generation setiap pemimpin akan mampu meng-orkestrakan setiap perbedaan menjadi sebuah sinergi bagi organisasi, mendukung pencapaian hasil yang maksimal, meningkatkan komunikasi dan memotivasi setiap orang untuk memberikan potensi terbaik mereka,” jelasnya.

Tommy mengatakan ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pemimpin dalam Leading Across Generation adalah memahami dan me-leverage perbedaan antar generasi . “Yakni mencari akar permasalahan yang berpotensi menimbulkan konflik antar generasi dan memotivasi setiap individu untuk memberikan kontribusi terbaik dengan memberikan ruang bagi mereka untuk berkembang serta menunjukkan potensi yang dimiliki,” tukas Tommy. (* image: cpcp.edu)

Tags: , , , , ,