Ini Ternyata 10 Mindset Si Super Sukses

business-suit-690048_640

Pernahkah Anda merasa penasaran, dengan pemikiran seperti apa yang membuat seseorang menjadi sangat sukses? Pada kenyataannya, orang yang sangat sukses memang memandang dunia dengan cara yang berbeda dibandingkan orang-orang kebanyakan. Hal ini tergambar dari cara mereka menjalani hidup, bekerja, menabung, berinvestasi dan memberi.

business-suit-690048_640

(Image: Pixabay)

Seperti dilansir dari situs inc.com, berikut adalah 10 mindset atau pola pikir yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat sukses. Apa saja?

1) Mereka berpikir besar (think big)

Orang-orang sukses melihat masalah dan memikirkan solusi yang besar untuk masalahnya tersebut. Mereka tidak pernah membesar-besarkan masalah atau bahkan takut dengan tantangan yang berat yang terlihat sulit dan berisiko.

Menurut seorang investor di sebuah ventura di Amerika, Tim Draper, ia hanya akan menginvestasikan uangnya pada orang-orang yang mau mengambil risiko dan memiliki solusi besar. Karena baginya, hanya masalah dan solusi yang besarlah yang mampu mengubah dunia.

2) Mereka membawa bakat-bakat yang hebat di sekitarnya

Ketika dihadapkan pada pertanyaan, “Manakah yang lebih Anda pilih? Menjadi raja atau orang sukses? Orang yang benar-benar sukses tidak tertarik untuk menjadi golongan yang pertama. Mereka akan lebih senang berada di sekeliling orang-orang hebat dengan bakat dan kemampuan luar biasa daripada menjadi raja yang memerintah anak buahnya, yang tunduk terhadapnya.

3) Mereka mengambil risiko yang besar, tetapi terkalkulasi

Risiko yang besar tetapi terkalkulasi jelas berbeda dengan gambling atau tebak-tebakan. Memang benar bahwa orang yang super sukses berani menggambil risiko, akan tetapi ada kebenaran yang lebih dasar tentang itu. Mereka adalah orang-orang yang memiliki perhitungan matang.

Contoh yang paling pas untuk poin ini adalah Steve Jobs. Pada tahun 90-an, ia memutuskan untuk kembali ke Apple, yang saat itu bahkan sudah dianggap berada di jurang kebangkrutan. Akan tetapi dengan pertimbangan yang matang, ia berhasil membalikkan posisi dan membangun Apple menjadi pionir dalam hal teknologi.

Baca juga: 4 Ketrampilan Fundamental Penentu Kesuksesa Pemimpin

4) Eksekusi

Penting untuk memiliki keterampilan “mem-follow up.” Artinya, kita tidak bisa hanya berhenti pada tahap ide dan bukan juga seorang yang hanya bisa besar mulut. Orang yang sangat sukses, memiliki ide, kemudian mengeksekusi hingga ide tersebut menjadi sebuah karya dalam bentuk apapun.

5) Mereka Membaca

Orang-orang yang sangat sukses senang membaca tentang pemikiran orang hebat lainnya, melihat apa yang mereka kerjakan dan apa yang bisa dipelajari. Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari orang sukses adalah, “Saya tahu apa yang harus saya lakukan, tetapi saya ingin mempelajari cara lain. Dan orang lainlah yang bisa memberitahukan ke saya caranya.”

Mereka memang orang-orang yang menghargai proses belajar sepanjang hidupnya. Bagi mereka, ketika kita sudah mengerti segalanya, itu artinya kita tidak belajar sama sekali.

6) Mereka bernegosiasi secara alot, tetapi smart

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa kita menjadi kaya bukan berasal dari apa yang kita berikan. Pepatah itu ada benarnya. Meskipun banyak sekali orang kaya yang pada dasarnya adalah seorang filantropis dan sangat dermawan dalam hal materi maupun waktu, tetapi, ketika bernegosiasi masalah bisnis, mereka menjadi sangat detail dan tidak mudah menyerah. Dan semakin sukses mereka, semakin terlihat ketat dan intens perhatian mereka terhadap detail.

Baca juga: Mau Sukses? Tiru 3 Karakter yang Dimiliki Para Juara Ini

7) Mereka memiliki rutinitas

Orang-orang yang super sukses seringnya memiliki rutinitas yang jelas dan berulang. Rutinitas tersebut bisa bervariasi tetapi tetap mereka kerjakan selagi itu memungkinkan. Bagaimana pun juga, apabila rutinitas kita terus berubah-ubah, hal itu akan meningkatkan level stress sehingga mempengaruhi ketepatan dalam pengambilan keputusan.

8) Mereka fokus pada hubungan (relationship), bukan transaksi

Sebagian besar orang yang super sukses, atau pengusaha-pengusaha sukses tertentu biasanya memiliki hubungan erat dengan pihak-pihak tertentu yang lebih mendalam dari sekedar urusan bisnis. Meskipun jumlahnya tidak banyak, akan tetapi hubungan baik ini mereka jaga. Dan biasanya, orang-orang ini akan berulangkali diajak bekerja sama. Begitu mutual trust terjalin, akan lebih mudah bagi mereka memperoleh keberhasilan bersama.

9) Mereka mengelompok

Orang-orang yang sangat sukses selalu ingin berada di sekitar orang-orang yang memiliki mimpi besar juga. Hal ini secara tidak langsung membuahkan kelompok yang anggotanya orang-orang sukses pula. Dengan kesamaan visi untuk sukses tersebut mereka kerap kali menjadi sukses bersama-sama.

10) Mereka Peduli

Orang-orang yang sukses tidak hanya sekedar melakukan sesuatu untuk meraih keuntungan. Mereka memiliki kepedulian dan passion terhadap apapun yang menjadi tujuan utamanya. Intinya, apapun yang mereka lakukan, mereka harus memiliki ketertarikan dengan hal tersebut. (*)