Yahoo PHK 10 Persen Karyawan

Raksasa bisnis dotcom Yahoo mem-PHK 10 persen karyawannya di seluruh dunia, dan itu artinya bisa mencapai angka ribuan. Keputusan pahit tersebut diambil menyusul semakin merosotnya kinerja perusahaan ditambah terpaan krisis keuangan global.
Keputusan diumumkan di kantor pusat Yahoo di Kalifornia, Selasa (21/10/08 setempat. Diungkapkan, labat bersih pada kuartal ketiga 2008 anjlok, dan pengurangan karyawan dilakukan sebagai bagian dari usaha untuk memangkas biaya-biaya.
“Kami berharap pengurangan karyawan, sedikitnya 10 persen di seluruh dunia, bisa direalisasikan selama kuartal keempat 2008,” demikian pernyataan resmi dari pihak Yahoo.
Prosentasi tersebut cukup mengejutkan, dan menimbulkan sejumlah spekulasi mengenai angka konkretnya. Sejumlah media di Amerika melansir, kemungkinan Yahoo akan memangkas lebih dari 1000 karyawan. Prediksi lain menyebutkan angka 3000 karyawan. Hingga akhir Juni 2008, total karyawan Yahoo berjumlah 14.300 orang.
Yahoo disinyalir mengalami tekanan hebat di sektor keuangan dan dikhawatirkan dapat mengancam masa depan perusahaan. Harga saham Yahoo terus bergejolak selama tiga bulan belakangan, terlebih dipengaruhi kabar bahwa Yahoo akan diakuisisi Microsoft.
Krisis keuangan global rupanya cukup mengganggu kinerja Yahoo lantara para pemasang iklan juga mulai mengurangi pengeluaran.
Sebelumnya, pada Januari lalu, Yahoo telah memangkas 1000 karyawannya di seluruh dunia.

Tags: