Yahoo Ditinggalkan Ikonnya, Jerry Yang

Jerry_Yang

ENTAH ada apa dengan raksasa Yahoo ini. Petinggi perusahaan tersebut satu per satu mundur. Kabar terbaru, sang ikon Yahoo, Jerry Yang ikutan resign dari perusahaan dan semua afiliasinya.

Kalau kita mengenal ikon Microsoft dengan sosok Bill Gates, dan Apple lekat dengan Steve Jobs, maka Yahoo pun tak bisa lepas dari Jerry Yang. Jerry mendirikan Yahoo pada tahun 1995 bersama David Filo. Jerry menjabat sebagai CEO Yahoo sejak Juni 2007 hingga Januari 2009.

Hingga akhirnya ia harus digantikan oleh Carol Bartz yang ironisnya tidak bertahan lama di kursi CEO. Kini, Yahoo kembali menyajikan drama korporasi ketika baru saja mengangkat Scott Thompson, yang sebelumnya menjadi bos Paypal, kini harus kehilangan salah satu pilarnya, Jerry Yang.

Jerry sendiri mengungkapkan pengunduran dirinya tidak hanya sebagai salah satu direksi di Yahoo, tapi termasuk juga seluruh afiliasinya, seperti dewan direksi di Yahoo Japan Corporation dan Alibaba Group, efektif per hari ini. Tidak disebutkan secara khusus kenapa Yang mengundurkan diri.

Yahoo dalam beberapa bulan terakhir memang dikabarkan sedang mencari darah segar untuk mengantisipasi persaingan yang makin ketat. Beberapa media online di luar negeri menilai langkah yang diambil Jerry Yang ini terkesan lebih santu, ketimbang insiden dipecatnya Bartz melalui saluran telepon, pada September silam. (*)

Tags: