Yahoo Akan Pecat Ribuan Karyawan?

yahoo

ENTAH karena menghadapi persaingan bisnis yang ketat ataukah karena ada persoalan internal yang serius, perusahaan internet skala raksasa semacam Yahoo, akan melakukan langkah rekstrukturisasi. Kabar tidak enaknya, Yahoo akan memangkas karyawannya hingga mencapai ribuan.

Berita bahwa Yahoo akan memecat ribuan karyawan mulai terkuak setelah Reuters menurunkan laporannya awal pekan ini. Dituliskan bahwa CEO baru Yahoo Inc sedang mempersiapkan restrukturisasi yang signifikan, termasuk mengambil langkah PHK yang bisa memotong ribuan karyawan.

Jika pemecatan massal ini benar terjadi, maka inilah perubahan besar yang dilakukan oleh manajemen di bawah CEO barunya Scott Thompson, yang juga mantan orang nomor satu di PayPal. Yahoo sendiri tercatat memiliki 14.100 karyawan pada akhir tahun 2011.

Serangkaian ‘gejolak’ di tubuh Yahoo memang mulai terlihat ketika terjadi pemecatan CEO yang lama, Carol Bartz pada bulan September, yang ironisnya dilakukan melalui panggilan telepon. Kondisi ini diikuti mundurnya ikon Yahoo, Jerry Yang, anggota direksi yang juga adalah salah satu pendiri Yahoo.

Yahoo memang dikabarkan sedang serius berbenah setelah menyadari bahwa ‘market’nya makin tergerus oleh para kompetitor. Selain restukturisasi organisasi, Yahoo akan memfokuskan kepada bisnis utama di kelompok produk-produknya serta memperkuat divisi riset. (*)

Tags: ,