XL, Astra, Unilever Perusahaan Berbasis Pengetahuan Terbaik 2007

PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), PT Astra Internasional Tbk dan PT Unilever Indonesia Tbk meraih penghargaan “Indonesia MAKE Award 2007”. Bagi yang masih asing, MAKE itu Most Admired Knoledge Enterprise. Jadi, ini ajang penghargaan untuk perusahaan yang dianggap terbaik dalam mempraktikkan knowledge management.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dunamis Organization Service, sebuah perusahaan konsultan SDM terkemuka di Tanah Air. Para pemenang diumumkan bersamaan dengan penyelenggaraan Knowledge Management Conference & Workshop di Hotel Gran Melia, Jakarta, 1-2 Agustus 2007.

Studi dilakukan atas 63 perusahaan, dan terjaring 11 pemenang. Yakni XL, Astra, Unilever, Telkom, Bank Niaga, Binus, ITB, United Tractors, WIKA, Bank Indonesia dan Medco. Tiga di antaranya, yakni XL, Astra dan Unilever sekaligus terpilih untuk maju mewakili Indonesia di ajang serupa tingkat Asia.

“Pemenang penghargaan MAKE adalah perusahaan-perusahaan yang dinilai mengelola pengetahuan organisasinya yang berpengaruh sangat baik terhadap kinerja dan hasil perusahaan,” ujar Managing Partner Dunamis Nugroho Supangkat.

Lebih jauh, Nugroho merinci kriteria penilaian MAKE Award, antara lain perusahaan yang bersangkutan menciptakan budaya perusahaan yang didorong oleh pengetahuan, mengembangkan knowledge workers melalui kepemimpinan manajemen senior dan menyajikan produk atau jasa berbasis pengetahuan.

Indonesia MAKE Award 2007 merupakan penyelenggaraan ketiga. Pengumuman pemenang disaksikan dan diberi kata sambutan oleh Menristek Kusmayanto Kadiman yang antara lain mengungkapkan keterkejutan atas menangnya dua lembaga pemerintah.

“Saya bersyukur, ada dua lembaga pemerintah, yakni BI dan ITB, yang dengan segala birokrasinya, tidak menyangka bisa menang,” ujar dia blak-blakan.

Secara terpisah, Direktur Human Capital Development XL Joris de Fretes menegaskan, selama ini XL memang memiliki komitmen mengkapitalisasi pengetahuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

“Kami memahami pentingnya manajemen pengetahuan dalam suatu organisasi untuk membantu meningkatkan kompetensi SDM, sehingga perusahaan mampu menghadirkan layanan, produk dan program yang inovatif serta terpercaya,” papar dia.

Tags: