Web 2.0 Tingkatkan Pangsa Pasar dan Profit Perusahaan

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengadopsi teknologi web 2.0 dan social media di tempat kerja, mungkin hasil penelitian McKinsey Global Institute yang dirilis akhir tahun lalu bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Survey yang dilakukan selama 4 tahun terhadap 3.249 eksekutif dari berbagai daerah, industri dan bidang telah menemukan bahwa perusahaan yang menggunakan web secara intensif terbukti berhasil meningkatkan pangsa pasar dan mendapatkan marjin keuntungan yang lebih tinggi.

Dua pertiga dari responden yang disurvey mengaku menggunakan teknologi web 2.0 di organisasi mereka. Angka ini meningkat tajam dibanding survey McKinsey yang terlebih dahulu. Pada studi kali ini 40 persen perusahaan menggunakan situs jejaring sosial dan 38 % menggunakan blog.

Selain peningkatan penggunaan teknologi Web 2.0, laporan McKinsey yang berjudul “Rise of the Networked Enterprise: Web 2.0 Finds its Payday” terutama menggarisbawahi bagaimana organisasi mendapatkan manfaat dari Web 2.0.

Ketiga manfaat paling utama seperti disampaikan dalam laporan itu adalah:

1. Untuk keperluan internal dan juga ekternal (dengan vendor dan supplier), teknologi web 2.0 meningkatkan kecepatan perusahaan mengakses informasi/data/pengetahuan yang diperlukan (internal 77% dan eksternal 57%)

2. Mengurangi biaya komunikasi, baik untuk internal maupun eksternal

3. Untuk keperluan internal maupun eksternal (dengan vendor dan supplier), teknologi web 2.0 meningkatkan kecepatan perusahaan mengakses para pakar internal (52%) maupun pakar eksternal (45%) yang dibutuhkan.

Karena semua benefit di atas, hampir dua per tiga responden mengatakan akan menambah investasi di masa depan untuk teknologi ini. Nah, bagaimana dengan Anda?

Tags: ,