Utilisasi Pabrik Tabung 3 Kg Susut 30%, Produsen Rumahkan Karyawan

Tersendatnya serapan produksi tabung para produsen tabung 3 Kg ke gudang Pertamina telah membuat tingkat pemanfaatan produk (utilisasi) menyusut hingga 30%. Dampaknya bukan hanya 3,5 juta tabung 3 kg yang menganggur di gudang-gudang 35 produsen tabung, namun para produsen telah merumahkan sejumlah karyawannya.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Tabung Baja (Asitab) Tjiptadi saat dihubungi detikFinance. “Utilisasi produksi kita itu terpangkas sekitar 30%, bahkan ada sebagian pabrik ada yang sudah merumahkan karyawannya. Besok kita akan rapat dengan Pertamina,” ungkap dia.

Saat ini, kata Tjiptadi, setidaknya ada 3,5 juta tabung yang belum terkirim ke Pertamina karena gudang Pertamina tak kuasa menampung. Padahal selama ini produsen tabung komitmen untuk menyuplai hingga 4 juta tabung per bulan. “Yang sudah terkirim itu 11 juta, memang jumlah PO-nya 16 juta tabung,” jelas dia.

Tjiptadi juga menyesalkan pernyataan Pertamina yang menyangkal tidak terjadi masalah dengan penampungan pergudangan Pertamina. Padahal masalah ini sudah berlarut-larut selama bulan-bulan lalu. “Kalau kementerian BUMN sudah mendesak agar ada penambahan gudang, tapi belum realisasi,” kata dia.

Ditambahkan, saat ini semua pabrik tabung 3 Kg memiliki stok yang berlimpah, dampaknya banyak anggotanya yang mengerem produksi, bahkan sama sekali berhenti berproduksi. Akibatnya, beberapa karyawannya telah dirumahkan. “Dari 35 produsen itu ada setengahnya yang sudah berhenti, ada juga yang slow down saja,” terang Tjiptadi.

Dengan kondisi seperti itu, ia mengaku para produsen telah kehilangan 60 hari kerja. Padahal tahun 2009 ini produsen tabung berencana mampu memproduksi tabung 3 kg hingga 46 juta sehingga ancaman tidak mencapai target produksi semakin besar.

Tags: ,