Upah Tenaga Kerja Indonesia Lebih Murah Dibanding China dan Vietnam

Dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia, upah tenaga kerja Indonesia paling murah. Kondisi ini dimanfaatkan pemerintah untuk mengundang investasi-investasi dari negara asing untuk masuk ke dalam negeri.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengatakan, dunia internasional sudah mengakui murahnya ongkos tenaga kerja Indonesia dibanding negara-negara lain di Asia.
“Di brosur BKPM, upah TKI lebih rendah dari di China, Thailand, dan India, bahkan Vietnam. Dan sekarang sudah diakui komunitas internasional upah tenaga kerja China lebih tinggi dari negara Asia lain. Tinggal penyikapan UU Tenaga Kerja saja,” jelas Gita di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/6/2010).
Gita mengatakan, murahnya ongkos tenaga kerja ini membuat beberapa investor besar berencana untuk membangun basis manufaktur di Indonesia. Seperti, produsen barang-barang elektronik LG dan produsen sepatu olahraga yaitu Nike.
Nike misalnya, akan kembali memperbesar order sepatunya dari Indonesia, yakni mencapai 300 juta pasang sepatu atletik dalam satu tahun ini. Sedangkan LG akan memindahkan basis produksinya ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, khususnya untuk pembuatan TV yang nilainya miliaran dolar.
Gita mengatakan, kondisi stabilitas politik dan ekonomi yang membaik menjadi salah satu penarik minat investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi terbukanya kesempatan kerja bagi masyarakat.

Tags: