Tunjangan Pensiun ke-13 Dibayar Mulai 5 Juli

Kabar gembira bagi para pensiunan. Pemerintah akan membayarkan tunjangan ke-13 untuk para pensiunan Pegawai Negeri Sipil serta TNI dan Polri mulai 5 Juli hingga 20 Juli 2010. Pembayaran dilakukan melalui Kantor Bayar Pensiun di Seluruh Indonesia.

Hal itu terungkap dalam Peraturan Pemerintah yang dikeluarkan PT Taspen, dan Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan RI tertanggal 22 Juni 2010. Jumlah dana yang disediakan untuk pembayaran pensiun bulan ketiga belas tersebut sebesar Rp 3,12 triliun.

Adapun, penerima pensiun di seluruh Indonesia yang dibayar oleh PT Taspen sebanyak 2.319.050 orang.

Sekretaris Perusahaan PT Taspen Faisal Rachman dalam siaran persnya yang dirilis di Jakarta, Jumat (2/6/2010) mengatakan, perhitungan akan didasarkan pada pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan dan pembulatan apabila ada, dan tanpa tunjangan beras.

Lebih jauh dijelaskan, bagi janda atau duda juga akan menerima pensiun/tunjangan janda/duda bulan ketiga belas.

Diingatkan, bagi penerima pensiun bulan ketiga belas yang dibayarkan secara tunai, apabila tidak diambil sampai dengan 20 Juli 2010, maka uang pensiun tersebut akan disetorkan kembali ke rekening kantor cabang PT Taspen bersangkutan.

“Kalau misalnya tidak sempat mengambil sampai tanggal 20 Juli, dapat mengajukan permohonan pembayaran melalui Kantor Cabang Taspen setempat,” ujar Faisal.

Bagi pensiunan yang menerima lebih dari satu penghasilan pensiun, maka pensiun bulan ketiga belas hanya diberikan untuk salah satu penghasilan yang jumlahnya lebih besar.

Tags: