Tugas Mendesak HR Ciptakan Pemimpin Bisnis Masa Depan

Orang HR harus menempatkan dirinya sebagai mitra bisnis yang strategis bagi pertumbuhan perusahaan, dan tidak membiarkan diri hanya menjadi fungsi administrasi. Potensi besar yang dimiliki divisi HR harus difokuskan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin bisnis masa depan. Demikian ditegaskan oleh Chief of Corporate HR PT Garudafood Andre Vincent Wenas dalam obrolan dengan PortalHR.com di kantornya di Jalan Bintaro Raya, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/08).

“Sayang sekali potensinya kalau hanya berpikir secara klerikal, itu lama-lama di-outsource juga bisa. Harus naik kelas. Kita harus berpikir sebagai businessman, yang kebetulah sedang ditugasi mengelola orang,” ujar dia. Menurut Andre, isu utama HR saat ini adalah bagaimana melahirkan pemimpin-pemimpin bisnis yang berkesinambungan untuk masa depan pertumbuhan perusahaan. “Kita kembangkan karyawan dari awal.

Keberhasilan mereka adalah keberhasilan kita. Kita create mereka menjadi pemimpin dan biarlah mereka yang bekerja.”Andre mengungkapkan pengalamannya memimpin divisi HR di Garudafood yang menerapkan strategi “leader create leader” dalam mengelola karyawan. “Di sini setiap pemimpin harus mengembangkan orang-orang di bawahnya untuk menjadi leader, jadi seperti multilevel lah ya, karena dalam framework kita, kita memerlukan numbers of business leader untuk menunjang pertumbuhan bisnis dari tahun ke tahun,” terang dia.

Peraih gelas MBA dari Monash University, Australia yang kini mengajar di IPMI Business School Jakarta tersebut melihat bahwa problem besar dunia bisnis saat ini adalah minimnya kepemimpinan dan keterampilan manajemen.”Di mana-mana nggak ada manajemen, semua hantam kromo, KKN, nggak percaya pada manajemen. Ini mengkhawatirkan sekali, tidak ada disiplin dalam manajemen,” tutur mantan Managing Director Pepsi Coca Indonesia itu.

Tags: ,