Tren Rekrutmen melalui Mobile Recruiting

Selama beberapa tahun terakhir, perekrutan sosial media mengundang banyak diskusi di kalangan HR global, dan mobile recruiting, bagaimanapun adalah subyek yang belum menjadi topik percakapan biasa. Beberapa perusahaan, tidak menyadari bagaimana pencari kerja menggunakan perangkat mobile dan bagaimana usaha mereka bisa mendapatkan keuntungan dari mobile web untuk menemukan top talent. Akibatnya, hanya sejumlah perusahaan saja yang telah menerapkan strategi rekrutmen melalui aplikasi mobile dan situs web mobile. Inilah studi yang baru saja dilakukan oleh Potentialpark.

Untuk penelitian ini, Potentialpark mewawancarai lebih dari 30.000 pencari kerja di seluruh dunia dan menganalisis kehadiran mobile career di lebih dari 350 perusahaan terbaik di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Karena data belum dipublikasikan secara online, Mashable menuliskan review ringan. Studi ini menemukan bahwa 19% pencari kerja aktif menggunakan perangkat mobile mereka untuk tujuan yang terkait dengan karir dan lebih dari 50% masih terlihat pasif. Sayangnya, hanya 7% dari perusahaan tersebut memiliki versi mobile dari website karir mereka dan hanya 3% yang memiliki mobile job app.

Menariknya, satu dari lima pencari kerja mungkin tidak terlalu pusing dengan trend ini. Namun begitu perlu diingat, karena tingkat adopsi smartphone meningkat, jumlah pencari kerja melalui mobile app kemungkinan besar akan meningkat tajam sebagaimana pengguna telepon yang sudah terkoneksi dengan internet.

Inilah beberapa aktivitas para pencari kerja melalui mobile recruiting.

Search for Jobs (57%)

Receive job alerts, receive new open positions by sms/email (51%)

Track application status (39%)

Check calender with career related events (39%)

Read about the recruitment process (39%)

Look for tips and hints for a good application (33%)

Contact the recruitment team (33%)

Apply for Jobs (30%)

Get updates based on my locations, such as Jobs adds or (30%)

Email page to a friend (16%)

Share contents with friends on social networks and platforms (11%)

Sementara para perusahaan memutuskan untuk belum masuk ke persaingan di area mobile recruiting tahun ini, Potentialpark percaya bahwa perusahaan ini akan berpikir ulang tahun depan. Dalam sebuah survei independen yang dilakukan Potentialpark dari 150 perusahaan bisnis, 75% dari responden mengatakan mereka berencana untuk memiliki job app atau  mobile career website pada September 2012. Mobile recruiting memang masih dalam masa pertumbuhan. Namun dengan perkembangan gadget yang makin bervariasi dan terintegrasi dengan internet, rasanya booming mobile recruiting tinggal menunggu waktu saja. (rudi@portalhr.com)

Tags: ,